Berita Bethel
Penulis: Pram (30/06/2016)

Dep Pelmas : Layanan Kesehatan Bagi Masyarakat


Peduli Purworejo, Pelantikkan PDGBI Kalsel, Donor Darah, Pelayanan Bakti Sosial, Ruteng, Flores – NTT merupakan sederet rangkaian pelayanan Departemen Pelmas BPG GBI dengan dibantu PDGBI. Berikut ini laporan singkat layanan mereka. Selamat Membaca.



Peduli Purworejo, 28 – 29 Juni 2016. Kerinduan Pdt. Simon Supriyana selaku Kabid. Pelmas BPD GBI Jateng dan DIY adalah memberkati masyarakat Purworejo, Jawa Tengah dengan pelayanan kesehatan. Atas dasar hal itu, Dep. Pelmas BPH GBI melalui Pdt. Didimus Fingkreuw, M.Th selaku Ka. Biro Pelmas DPM GBI mengutus PDGBI Pusat Bidang Baksos untuk melaksanakan pelayanan kesehatan tersebut.



Lokasi kegiatan yaitu eks banjir longsor di Desa Karang Rejo, Dusun Caok. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di Posko pengungsian di SD Jelok – Purworejo. Saat team tiba disana keadaan cuaca cukup baik dan beberapa pengungsi sedang kembali ke rumah masing-masing. Namun, bila turun hujan deras para pengungsi kembali ke Posko pengungsian. Hari pertama team dibantu dari GBI Purworejo.



Hari berikutnya team memberkati masyarakat di Desa Ketangi Kec. Purwodadi, lokasi warga terkena banjir bandang sedalam 2 meter. Banjir ini akibat luapan sungai Desa Jenarwetan Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo. Pada saat team tiba nampak beberapa masyarakat sedang membersihkan rumah masing-masing.



Team Pelmas memberkati 220 orang warga setempat dengan pelayanan kesehatan, membagikan susu dan vitamin kepada anak – anak. Selama team melakukan pelayanan kesehatan, Simon Supri menyampaikan masukkan kepada beberapa warga untuk dapat melakukan koordinasi, pemetaan penduduk dalam menghadapi kesiap-siagaan menanggulangi bencana dan musibah yang datang tiba – tiba.



Tagana RRI Jawa Tengah dan DIY siap membantu untuk koordinasi tersebut. Selanjutnya, di masa-masa mendatang, Simon akan memberikan penyuluhan dan koordinasi kepada masyarakat, bila terjadi bencana tentang apa yang harus dilakukan dan disiapkan.



Masyarakat sangat senang dengan perhatian yang diberikan team untuk pelayanan kesehatan. Mereka bisa menyampaikan keluhan sakit yang dialami.Team sangat senang dengan respon dan sambutan dari masyarakat setempat.



Di sela-sela waktu kegiatan, team berkunjung ke salah satu Gereja GBI yang terkena dampak banjir di GBI Ketangi. Gereja ini digembalakan Pdp. Yehuda Samirin. Mereka membutuhkan bantuan dan saluran tangan dari para donatur berupa bangku, meja, pintu gereja yang perlu perbaikan karena mengalami kerusakan.



Pelantikkan PDGBI Kalimantan-Selatan, di Banjarmasin (15 Juni 2016). Dalam Sidang MD BPD GBI Kal Sel telah dilantik kepengurusan PDGBI Kalsel, Ketua : dr. Meriah Sembiring, SpA, Bendahara : dr. Evelyn Irawaty. Sekretaris : dr. Renate Pah Kiting.



Pelantikan dilakukan Ketua BPD GBI Kal Sel, Pdt. dr. Kristianus Freddy, M.Th bersama Ketua PDGBI Pusat, dr. Dedy Goandys, M.Th. Hadir juga Ketua Dep. Pelmas BPH GBI, Pdt. Dr. Yonathan Wiryohadi.Tahun 2016 Pelantikkan akan dilaksanakan di BPD GBI Bangka Belitung, Papua dan Pegunungan Tengah.



Donor Darah, Graha Bethel, Jakarta (27 Juni 2016). Setiap tahun kegiatan donor darah dilaksanakan sebagai rasa toleransi, peduli kepada sesama. Kegiatan dilakukan Staf BPH GBI dan para Guru Indonesia Cerdas. Jumlah pendonor yang hadir 38 orang.



Dalam kegiatan Donor darah Pdt. Yonathan Wiryohadi selaku Ketua Dep. Pelmas GBI dan istri ikut serta dalam donor darah. Mendonorkan darah bukan hanya bukti bahwa anda peduli terhadap sesama, tetapi mendonorkan darah adalah upaya Anda untuk hidup sehat. Bagaimana tidak ?, berikut ini adalah manfaat donor darah bagi kesehatan Anda:



Menurunkan berat badan, Melindungi jantung, Meningkatkan sel darah merah, Mencegah stroke, Meningkatkan kesehatan psikologis, Memperbarui sel darah baru, Mencegah resiko terkena penyakit langka, Menurunkan resiko kanker, Meningkatkan produksi darah, Pikiran menjadi lebih stabil dan Menurunkan kolesterol

[Lasma Sulastri/Dep. Pelmas BPH GBI].



Pelayanan Bakti Sosial di Ruteng, Flores – NTT. PDGBI Pusat kembali melakukan pelayanan kesehatan memberkati masyarakat yang ada di Ruteng , Manggarai, Flores – NTT.



Adapun acara pelayanan ini dilaksanakan dari tanggal 11 – 13 Juni 2016, Dep. Pelmas BPH GBI melalui PDGBI Pusat mengutus dr. Deddy Goadys (Ketua PDGBI Pusat), dr. Sumayadi Lim (Ketua Baksos PDGBI Pusat).



Kegiatan pertama dimulai tanggal 11 Juni 2016 di GBI Ruteng dilakukan ibadah kepada anak – anak muda. Dilanjutkan hari berikutnya dengan pelayanan kesehatan gratis dilakukan di GBI Rock Ruteng dengan Gembala Jemaat Pdt. Yunus (12 Juni 2016) setelah ibadah minggu selesai dengan jumlah yang berobat 85 orang dewasa dan anak.



Kegiatan dilanjutkan pada tanggal 13 Juni 2016 dengan team dari GBI Rock sebanyak 25 orang ke Desa Bangka lewat, Golo Welu Kec. Kuwus, Manggarai Barat. Untuk menuju ke tempat ini dipergunakan waktu 2 jam dengan menggunakan truk karena medan jalan yang rusak.



Sesampainya ditempat kegiatan, team disambut dengan penyambutan adat, acara ini dimulai dari jam 10 pagi – 5 sore WITA. Kegiatan yang dilakukan bukan hanya pelayanan kesehatan tapi ada pembagian sembako, acara permainan buat anak – anak. Pasien yang berobat ada 285 oarang dengan diagnose sakit antara lain rematik, ISPA, maag dan dermatitis (panu).



Masyarakat sangat senang dengan kehadiran team, sangat diberkati dan merasa diperhatikan. Karena lokasi cukup jauh dari kota. [Dr. Sumayadi Lim]