Berita Bethel
Penulis: Pram (09/08/2016)

Seminar Publik : Art, Spirituality and Mission


Mahasiswa D. Miss dan S2 STTB Jakarta (Seminari Bethel) menghadiri kuliah dalam format seminar publik dengan tema Art, Spirituality and Mission di Galilee Church, APL, Jakarta-Barat (Rabu - Jumat, 3-5 Agustus 2016).



Prof. Daniel Kim Ph.D, Th.M, M.Div, B.S) asal Korea Selatan (kiri) sebagai keynote speaker, sembari didampingi Dr. Junifrius Gultom selaku moderator dan penterjemah.



Tujuan seminar (kuliah) ini adalah menginvestigasi tema-tema seni dalam bentuk musik, dansa, teaterikal, drama, puisi, seni-seni murni, disain dan media diantara hal-hal lain dari perspektif biblika teologis, spiritual, budaya dan misional.



Sementara itu, sasarannya adalah membangun pondasi biblika teologis bagi seni kreatif, mendiskusikan beragam konsep dan isu-isu terkait dengan spiritualitas seni-seni kreatif, mengeksplorasi strategi-strategi bagi pelayanan dan misi melalui seni-seni kreatif, meneliti dan menganalisa bidang kreatifitas beragam (musik, dansa, teatrikal, drama, puisi, seni-seni murni, disain, media dan lain-lain).



Prof. Daniel membagi perkuliah menjadi tujuh outline yaitu 1. Seni sebagai jembatan budaya bagi misi. 2. Allah pencipta dan penebus. 3. Inkarnasi Logo. 4. Imago Allah. 5. Berhala-berhala manusia. 6. Berkat-berkat rohani. 7. Semangat kreatifitas.



Penyelenggara acara ini terdiri dari STTBI Jakarta, Gereja Galilee, BPD DKI Jakarta dan COF (Community of Faith). Seminar dibuka dengan doa dan sambutan singkat oleh Ketua COF, Jemmy Tahalele.



Para mahasiswa ditugaskan membuat laporan perkuliahan setiap hari dengan ketentuan bagaimana mereka menerapkan materi-materi yang dibahas dalam seminar dalam konteks masa kini, khususnya dalam pelayanan.



Satu makalah (paper) dengan judul bebas, namun judul sesuai dengan perkuliahan. Pembuatan dua laporan buku sesuai dengan referensi yang ditentukan. Menemukan lima ide bagus di tiap-tiap buku dan memberikan refleksi atas tiap-tiap ide.