Berita Bethel
Penulis: Pram (23/02/2015)

BPD Sumbar : Berpihak Kepada Masyarakat Lemah


Ketua Umum BPH GBI, Pdt. Dr. Japarlin Marbun, M.PDK mengutip nats Yohanes 4:34 "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya", dalam kotbah pelantikan pengurus BPD Sumatera-Barat periode 2014-2018 (Jumat, 20/2), di GBI Kampung Nias II Padang. Gereja lokal ini digembalakan Pdt. Djohan Makmur.

Makanan-Ku = Memberitakan Injil Keselamatan.

Dari konteks ayat itu, Ketum BPH GBI menekankanmakna dibalik kalimat "makanan-Ku" adalah "prioritas-Ku". Hal ini bermakna ada tugas memberitakan Injil keselamatan yaitu bukan prioritaskan "program" yang berputar seperti membangun, mengembangkan fasilitas gedung gereja mentereng dan canggih walaupun hal itu dibutuhkan. Tetapi Yesus mengajak semua pejabat GBI menyadari tupoksi (tugas pokok dan fungsi) adalah memberitakan Injil kepada segala bangsa sesuai dengan Amanat Agung. Oleh sebab itu, anggaran gereja harus lebih besar untuk penjangkauan jiwa-jiwa ketimbang mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk alat-alat musik, sound system, dan lain-lain. Menurut pengamatannya, selama ini anggaran untuk penginjilan hanya nol koma sekian persen. Jadi semua pejabat GBI harus "bertobat" atas ketimpangan ini, demikian pesan Ketum. Hadirin menyambut dengan suka-cita pandangan Ketum. Pejabat GBI Harus Meningkatkan Kemampuan.

Selanjutnya, Ketum berpesan agar pejabat GBI harus meng-up grade diri, memperlengkapi diri dan mampu meng-update informasi-informasi terkini sebagai sarana untuk bekerja lebih mantap ke depan. Sehingga visi GBI mencapai 10.000 jemaat dapat terealisasi dalam waktu empat tahun ke depan (2014-2018). Dasar dari pesan Pdt. Japarlin adalah latar-belakang GBI adalah gereja besar dan kuat. Dengan demikian, makna kata "Profesional" dalam slogan GBI "MANTAP" itu harus betul-betul diperhatikan dan diterapkan karena GBI kini hidup di era serba canggih.

Tema BPD Sumbar

Acara pelantikan berjalan dengan baik dan lancar di hadiri oleh seluruh pengurus terpilih dan pejabat GBI sekota Padang. Selain itu, acara ini dihadiri oleh berbagai pucuk pimpinan lintas denominasi seperti HKBP, GKPM, GKSI, GSJA CWS, PWKI Sumbar, BKKPK Sumbar, PGI Wilayah Sumbar, dan Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Sumbar.Untuk merealisasikan visi misi umum GBI di Sumbar, maka BPD GBI Sumbar mengangkat tema yaitu KERJA, KERJA, DAN KERJA CEPAT MENUJU GBI MANTAP.

Dengan tema ini BPD GBI Sumbar diharapkan untuk bekerja lebih keras lagi dan siap untuk membayar harganya seberapapun nilainya. Komitmen ini di dasari pada Firman Tuhan yaitu nats Matius 11:29-30; Matius 5:41. Intinya untuk mencapai tujuan, pejabat GBI di Sumbar harus bekerja keras dan sigap menjalankan tupoksi dengan penuh dedikasi (niat tulus dan niat kudus). Kuk bermakna beban dalam arti tanggung-jawab. Jika hal ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan disertai niat yang tulus, kata Tuhan Yesus "enak rasanya".

BPD Sumbar Berpihak Kepada Masyarakat Lemah.

Ketua Badan Kerjasama Kristen Protestan dan Katolik (BKKPK) Sumbar, St. M. Siringo-ringo dalam sambutannya mengatakan GBI bukan lagi sedang menuju GBI Mantap, tetapi GBI sudah mantap sekali. Menurut pengamatannya, tokoh-tokoh GBI seperti Pdt. Titus Wadu, dan rekan-rekan sepelayanan GBI Sumbar sudah berbaur, memberikan kontribusi dan berpartisipasi aktif bagi pembangunan kebersamaan tubuh Kristus seperti dalam organisasi seperti BKKPK, PGIW Sumbar, dan forum-forum sosial lainnya.



Terbukti kini, GBI Mantap sekali adalah BPD GBI Sumbar dalam hal diakonia (Pelmas) telah ikut mendukung program Pemko Padang dalam program pengentasan kemiskinan dalam bentuk penyerahan bantuan 0.5 ton beras. Aksi peduli ini, GBI adalah pihak pertama yang melaksanakan aksi ini di wilayah Sumbar, demikian penilaian St. M. Siringo-ringo. Heni Simarmata, mewakili Pembimas Kristen dalam sambutannya mengatakan GBI adalah suatu organisasi pemersatu dan peduli terhadap kebutuhan bangsa dan negara. Visi dan Misi GBI berpihak kepada masyarakat lemah dan berbagai permasalahan sosial di berbagai lini kehidupan. Kanwil Kemenag Sumbar mendukung GBI dalam menjalankan tugas-tugas pelayanan agar saat ini sampai pada masa depan terus menjadi GBI yang lebih M.A.N.T.A.P. Selamat Melayani dan Sukses. [BPD Sumatera-Barat/Pram].