Berita Bethel
Penulis: Pram (17/08/2016)

HUT RI ke-71 di Purwakarta


HUT RI di Purwakarta, Bendera Pusaka Diarak Kereta Kuda dan Dikawal Pasukan TNI. Prosesi upacara Hari Kemerdekaan Indonesia ke 71 tahun di Kabupaten Purwakarta diawali dari serah terima bendera 'pusaka' milik Pemkab Purwakarta yang sebelumnya dititipkan di Museum Digital Diorama Purwakarta sejak Senin 15 Agutus 2016 lalu.



Prosesi diawali serah terima bendera yang tersimpan dalam kotak kayu berwarna cokelat dari Kepala Museum Digital Diorama Purwakarta, Nina Meinawati, kepada perwakilan anggota paskibra tepat pukul 08.00 WIB, Rabu (17/8/2016).



Kemudian kotak kayu dibawa menuju ke Taman Pasanggrahan Padjajaran yang akan menjadi tempat upacara Hari Kemerdekaan berlangsung. Kotak tersebut dibawa oleh salah seorang anggota paskibra wanita yang duduk memangkunya di atas Kereta Kencana Nyi Mas Melati.



Kereta kencana itu mengarak sang pembawa kotak dengan diiringi pasukan Paskibra lainnya dan pasukan TNI yang membawa senjata salvo. Mereka berjalan ke Taman Pasanggrahan Padjajaran melalui jalan protokol dengan disambut kemeriahan warga yang menunggu sepanjang jalan.



Sekira 20 menit perjalanan kereta kencana memasuki Taman Pasanggrahan Padjajaran yang berada di lingkungan Pendopo Purwakarta. Di tempat itu para muspida dan tamu undangan sudah menunggu kedatangan kereta kencana yang membawa kotak berisi bendera yang nantinya akan dikibarkan dalam upacara.



Kotak tersebut secara simbolis diterima oleh Sekda Kabupaten Purwakarta, Fadil Karsoma, yang sudah menunggu di Bale Maya Datar bersama muspida dan para tamu undangan peserta upacara.



Nantinya bendera 'pusaka' yang berada di kotak kayu tersebut akan dikibarkan dalam rangka upacara bendera Hari Kemerdekaan Indonesia ke 71 tahun. [Sumber : www.detik.com/Foto: Tri Ispranoto]