Berita Bethel
Penulis: Pram (20/08/2016)

3 Fitur Khusus Windows 10 untuk Pekerja Kreatif


Menandai hari jadinya yang pertama, Windows 10 ingin berkontribusi memajukan industri kreatif melalui fitur "Windows Ink Workspace". Menurut Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti, fitur baru ini sangat relevan bagi pasar Tanah Air.



Pasalnya, pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia mencapai 5,76 persen pada 2014 lalu. Angka itu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang terpaut 5,74 persen.



"Apalagi banyak anak muda yang mengambil peran dalam industri ini untuk mempercepat pertumbuhannya," kata Linda pada acara "Windows 10 Anniversary" di Koi, Kemang, Jakarta, Jumat (19/8/2016).Para pekerja kreatif yang dimaksud seperti ilustrator, desainer, komikus, perancang busana, dan seniman visual lainnya.



Lantas, apa fungsi Windows Ink Workspace? Sederhananya, fitur itu memindahkan aktivitas berkarya di medium kertas ke layar digital. Ada tiga fitur turunan yang tersedia, yakni Sticky Notes, Sketchpad, dan Screen Sketch.



Ketiganya sebenarnya tak terdengar baru, tapi lebih ditingkatkan performanya. Pertama, Sticky Notes pada Windows 10 teranyar bisa terhubung dengan search engine Bing di peramban Edge. Saat menuliskan memo penting, pengguna bisa sekaligus mencari informasi terkait di antarmuka Sticky Notes.



Menurut seniman visual Faza Ibnu Ubaidillah atau kerap disapa Faza Meonk, Sticky Notes teranyar mempermudah dia mencari inspirasi dalam berkarya."Inspirasi bisa datang kapan saja. Saya bisa langsung tulis di Sticky Notes, lalu akan muncul informasi lanjutan yang bisa memperkarya riset," kata dia pada kesempatan yang sama.



Kedua, Sketchpad dirancang untuk para ilustrator dan desainer dalam berkarya secara mobile di manapun dan kapanpun. Sketchpad itu berbentuk kertas digital, lengkap dengan ragam palet warna dan brush untuk menggoreskan garis.



Pekerja kreatif bisa menggoreskan sketsa tanpa ribet mencari kuas dan cat air. Faza mengaku dipermudah karena bisa melewatkan satu tahap dalam berkarya, yakni menggambar di kertas.



Terakhir, Screen Sketch digunakan untuk memindai halaman tertentu, memberi keterangan, dan membaginya langsung ke orang lain via e-mail, Facebook, atau aplikasi lain. Mekanisme kerja Screen Sketch serupa dengan pemindaian pada aplikasi Line dan aplikasi-aplikasi mobile lainnya.



"Fungsi Screen Sketch memang terbilang simpel. Tapi dalam keadaan sehari-hari akan sangat membantu karena proses pemindaian, mencoret gambar, sampai membagi ke orang lain dilakukan pada satu layar antarmuka," Linda menjelaskan. [Sumber : www.kompas.com/Foto : Seniman visual Faza Meonk mendemokan proses kreatifnya berkarya dengan Windows Ink Workspace pada Windows 10 teranyar di Koi, Kemang, Jakarta, Jumat (18/9/2016)