Berita Bethel
Penulis: Pram (05/10/2016)

MPL III : Kepemimpinan


"Gereja tidak bertumbuh, kesalahan terletak pada diri pemimpin. Termasuk juga jatuh-bangun suatu organisasi, " tegas Pdt. Yosia Abdisaputra, MTh mengawali pembekalan yang ia sampaikan usai pemaparan dr. Josafat Mesach di acara MPL III (Rabu malam, 5/10).



Ia kemudian mengutip nats Matius 20:25-28 ".........Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,20:27 dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."



Yohanes 13:4,5, 12-14 " Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,13:5 kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu........".



Langkah Strategis Pemimpin. Atas dasar nats diatas, Pdt. Yosia menekankan pentingnya seorang pemimpin memiliki kerinduan untuk melayani, rendah hati dan berhati hamba. "Pemimpin jangan melayani seorang diri," ujarnya. Ia menekankan agar seorang pemimpin melakukan langkah-langkah yaitu 1. Membangun sebuah team work. 2. Memilih dan merekrut anggota terbaik dan menentukan potensi team.



3. Bersedia membayar harga untuk mengembangkan team. 4. Melakukan hal-hal bersama sebagai team, selanjutnya membentuk komunitas. 5. Memberdayakan anggota team. 6. Berikan pujian bagi keberhasilan team. 7. Hentikan investasi [kerja-sama, Red] dengan anggota team jika ia tidak bertumbuh.



Diakhir pemaparannya, ia berpesan agar sebagai pelayan Tuhan bisa menemukan dan mendefinisikan visi gereja masing-masing. Pdt. Yosia mengutip nats Amsal 29:18 "Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum". Selanjutnya, tampil pembicara ketiga (terakhir) yaitu Pdt. Johan Handoyo, MTh dengan mengusung tema " Hubungan" atau Relationship.