Berita Bethel
Penulis: Pram (14/11/2016)

Berjaga-jaga dan Hidup Benar


Mengapa pergi ke rumah duka itu penting, jika dibandingkan ke rumah pesta ?. Kalimat bernada tanya ini dilontarkan perwakilan BPH GBI, Pdt. dr. Josafat Mesach, MTh saat menyampaikan kotbah pelepasan jenazah Pdm. Ir. Alm. Steve Hosea Senduk, 69 tahun [Minggu, 13/11] di GBI Eben Haezer, Jl. Wahid Hasyim No. 67, Jakarta Pusat.Hadir MP BPH GBI, Pdt. T.L. Henoch dan istri.



Almarhum adalah putera dari Pdt. Dr. Alm. H.L. Senduk [Om Ho] dan Gembala setempat. Lebih lanjut, ia mengutip nats Pengkotbah 7:2 "Pergi ke rumah duka lebih baik dari pada pergi ke rumah pesta, karena di rumah dukalah kesudahan setiap manusia; hendaknya orang yang hidup memperhatikannya".Pdt. Josafat memberikan sejumlah alasan sesuai dengan Firman Tuhan.



"Dengan hadir di rumah duka, kita diingatkan suatu saat kelak akan meninggal dunia", katanya. Untuk mempersiapkan hari itu, dirinya menghimpau agar orang percaya perlu melakukan sederet tindakan nyata. Hal itu berupa hidup dalam iman, kebenaran dan setia kepada Tuhan Yesus Kristus dan Firman-Nya.



Pdm. Josafat mengingatkan kalau kematian bisa datang sewaktu-waktu, bisa ketika seseorang dalam kondisi sakit atau sehat. "Jangan sampai orang percaya masuk neraka gara-gara tidak setia, tidak taat [kepada Tuhan Yesus dan Firman-Nya, Red]," tegasnya.



Selanjutnya, Pdt. Amos dari Seminari Bethel Petamburan, Jakarta-Pusat membacakan riwayat hidup Almarhum secara singkat mulai dari pendidikan di Belanda [1967-1974]. Pelayanan di PERKI [Persekutuan Kristen Indonesia] di Jerman dan Belanda[1969-1983].



Bekerja di beberapa perusahaan di Belanda dan Jerman [1969-2008]. Tahun 2008-2011 Almarhum bekerja di tanah air. Terakhir, Almarhum menjabat Plt. Yayasan Bethel. Sepulangnya Almarhum, tugas-tugas renovasi Seminari Bethel dilanjutkan oleh Pdt. Dr. Erastus Sabdono. "GBI Eben Haezer terus menjadi gereja yang missioner," tegas Pdt. Amos.



Tahun 2008-2011 Almarhum kembali bekerja di Indonesia. Periode 2008-2016, melayani di GBI Eben Haezer. Pdt. Almarhum Yonathan Sudarjadi selaku Ketua BPD DKI Jakarta kala itu, melantik Almarhum sebagai Gembala GBI Eben Haezer [7 Juli 2015].



Pdm. Alm. Steve menyelesaikan tugas pelayanannya pada hari Rabu, 9 Nopember 2016, jam 18.36 WIB di RS CCC Siloam, Semanggi, Jakarta-Selatan. Ia telah pulang ke Rumah Bapa. Sesi-sesi selanjutnya yakni sambutan adik Almarhum [Inge] dan putera kedua Pdt. Steve mewakili keluarga besar.



Jenazah diberangkatkan ke pemakaman TPU Kristen Petamburan, Jakarta-Pusat. Almarhum meninggalkan seorang istri, Dewi Devina Mariana Senduk dan putra-putra masing-masing Jeffry Senduk dan Andrew Hosea Senduk (mereka adalah putra dari hasil pernikahan dengan istri pertama, Almarhumah Selfia Senduk). Selamat Jalan Om Steve.