Berita Bethel
Penulis: Pram (17/11/2016)

Lempengan Ke-10 Perintah Allah Dijual USD 850.000


Sebuah lempengan batu marmer yang dipahat berumur 1.500 tahun yang bertuliskan 10 Perintah Allah, terjual di lokasi pelelangan senilai USD 850.000 [+/- Rp. 11.378.950.000], di Dallas USA [Rabu,16/11].



Lempengan marmer putih itu memiliki tinggi = 61 cm dengan berat 50 kg terjual di Beverly Hills, California, oleh sebuah Balai Lelang Dallas kepada seseorang pembeli yang namanya masih belum terungkap, seperti dirilis The Jerusalem Post [jpost.com].



"Benda ini dijual oleh Rabi Shaul Deutch, seorang pendiri Museum Taurat di Brooklyn, New York, dengan ketentuan pihak pembeli harus meletakkannya di lokasi yang bisa dilihat khalayak ramai," ujar Balai Lelang.



Lempengan itu terdapat 20 baris hurup-hurup Samaria yang dipahat dengan prinsip-prinsip fundamental Judaisme dan Kekristenan. Catatan pada pahatan baris ke-9, berisi Ke-10 Perintah Allah seperti tertulis di Kitab Keluaran.



Pembuatan lempeng ini diperkirakan pada era terakhir masa pemerintahan Kekaisaran Romawi atau era Bizantium antara tahun 300-500 Masehi. Lempengan ini ditemukan pada tahun 1913, saat proses penggalian tanah untuk keperluan jalur kereta api di dekat kota moderen Yavneh di bagian barat Israel.



Seseorang, kemungkinan seorang pekerja konstruksi membelinya dan menempatkannya di halaman depan rumahnya sampai tahun 1943. Selanjutnya seorang ahli benda-benda kuno membelinya dan kemudian memilikinya sampai ia wafat tahun 2000.



Deutsch mengatakan dia ingin menjual lempengan ini dan artefaks-artefaks lainnya dari koleksi-koleksinya yang bernuansa kehidupan masyarakat Yahudi [kuno] dan membawa sejarah ke arah kenangan lama untuk meningkatkan dana guna membiayai perbaikan-perbaikan museum.



Dia punya rencana untuk merubah museum agar tampilannya menarik bagi kaum muda. "Pemilik baru kelak wajib menampilkan lempengan agar memberi dampak positif bagi publik," ujar David Michaels, Direktur Barang-Barang Antik Balai Lelang Hertitage, dalam pernyataannya. [Foto : Sebuah gambaran dari Ke-10 Perintah Allah di Sinagoga Levantine].