Berita Bethel
Penulis: Pram (30/11/2016)
Dana Repatriasi Parkir di Bank


Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad menuturkan, hingga saat ini dana repatriasi yang telah masuk ke perbankan telah mencapai sekitar Rp 50 triliun. Dari jumlah tersebut, sekitar 90% masih ditempatkan pada produk perbankan, terutama deposito.



“Mayoritas dana repatriasi hampir 90% masih parkir di bank, terutama dalam bentuk deposito,” ujar Muliaman, di Jakarta, Selasa (29/11).Menurut dia, dana tersebut kemungkinan hanya ‘diparkir’ sementara di bank dan dapat berpindah ke instrument keuangan lainnya terutama sektor riil maupun surat berharga pasar modal lainnya.



“Tahun depan, mudah-mudahan sudah clear, dan dananya mulai masuk juga ke instrumen-instrumen keuangan lainnya,” terang dua.Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan Pasar Modal OJK Nurhaida menuturkan, dana repatriasi yang masuk ke pasar modal secara langsung baru mencapai sekitar Rp 1 triliun.



Adapun penempatan dana ke pasar modal, menurut dia, kemungkinan baru akan mulai terlihat di awal tahun depan.“Saat ini ada RDPT (reksa dana pendapatan tetap), beberapa kelihatannya obligasi ada, crossing juga ada bukan dalam rangka repatriasi tapi deklarasi juga,” ungkap dia. [Sumber : id.beritasatu.com/investor daily].