Berita Bethel
Penulis: Pram (08/03/2015)

Oase di Kebon Melati, Tn.Abang


Ibarat Oase di padang gurun, Tagana RBV GBI mendirikan Posko Dapur Air di wilayah Kelurahan Kebon Melati, RT 12, RW 12, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta-Pusat (Jumat, 06/03). Pendirian Posko ini sebagai respon atas terbakarnya sebagian wilayah setempat satu hari sebelumnya (Kamis, 05/03).



Posko dipimpin Pdt. Rusty, Ketua Perwil GBI wilayah Jakarta-Pusat. Dalam keterangan singkatnya kepada Redaksi, Pdt. Rusty mengatakan kebakaran melanda 510 KK (1.600 jiwa).Menurut Yen, salah seorang relawan di sana, Posko berdiri selama tiga hari dan akan diperpanjang sesuai dengan permintaan pihak Kelurahan setempat. Layanan dapur umum buka 24 jam dan mensuplai air minum, kopi, teh dan air panas untuk keperluan pembuatan susu bayi, susu balita bagi warga setempat.



Tercatat seorang anak usia 10 tahun warga setempat dan seorang dewasa usia sekitar 40 tahun-an tewas terbakar dalam musibah ini. Ketika Redaksi menuju lokasi Posko Tagana, tampak koridor yang sempit dan pemukiman warga yang padat. Tentu saja, tidak ada sarana pompa hidran di lokasi.Selain itu terlihat banyak puing-puing bangunan, kerangka sepeda motor dan asap yang masih mengepul dari lokasi kebakaran.



Warga bergotong-royong menjaga lokasi bekas kebakaran dan sebagian menjaga kotak persembahan suka-rela bagi orang-orang yang akan melihat lokasi. Tampak beberapa personel Polri dari Polsek Tanah Abang berjaga-jaga di dekat Posko Tagana. Selain Posko Tagana RBV GBI, ada Posko-Posko lain dari berbagai unsur bantuan kemanusiaan. Sampai saat ini penyebab utama kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak terkait, demikian penjelasan salah satu aparat Polsek kepada Redaksi yang menolak untuk ditulis namanya.



Keterangan : Foto Besar (Puing-puing rumah warga), kiri bawah (Tagana RBV), foto kanan bawah (kerangka motor yang terbakar).