Berita Bethel
Penulis: Pram (30/01/2017)
Usai Fokus 3 Destinasi Wisata, Pemerintah akan Garap Tana Toraja

Jakarta – Pemerintah akan mengembangkan pariwisata Tana Toraja setelah sebelumnya fokus pada pengembangan tiga destinasi wisata prioritas, Borobudur, Danau Toba dan Mandalika sejak tahun lalu.

Menteri Koordinator bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan dengan potensi pariwisata yang ada, Wakil Presiden Jusuf Kalla menghendaki integrasi pengembangan wisata Tana Toraja dapat dilakukan pada tahun ini.

“Setelah beliau melihat betapa keindahan di sana, salah satunya minum kopi di atas awan. Jadi sekarang kita mau membuat integrasi penangannya wisata ini,” kata Luhut di Kantor Wakil Presiden, Senin (30/1/2017).

Luhut mengatakan pihaknya segera melakukan pertemuan dengan World Bank, juga Bupati Tana Toraja dan Toraja Utara untuk segera dibentuk pelayanan terpadu.

Saat ini, Luhut mengatakan pemerintah telah memutuskan untuk membangun Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja, Sulawesi Selatan dalam rangka menyediakan akses transportasi yang efisien. Wapres JK dalam kunjungan sebelumnya juga meminta proses ini dipercepat.

Sembari menunggu penyelesaian, bandara lama Pongtiku juga akan diperluas.“Kita mau tahun ini selesai landasannya, jadi saat landasan terbang selesai, itu akan segera [diwujudkan]. Kalau ada direct flight juga ke lapangan terbang di Toraja, itu akan sangat menarik wisatawan,” jelas Luhut.

Luhut menjelaskan bahwa dalam kondisi masih kurang maksimalnya aksesbilitas, jumlah wisatawan ke Tana Toraja mencapai 182.000 orang atau naik dua kali lipat bila dibandingkan dengan tahun lalu.“Kalau perbaikan, yang kita buat bisa lebih dari itu. Bisa lebih 200.000 turis, bahkan bisa dua atau tiga kali lipat,” jelasnya.

Adapun, Luhut menyatakan bahwa anggaran pengembangan pariwisata di luar dari alokasi dana untuk tiga destinasi wisata, Danau Toba, Borobudur dan Mandalika. Seperti diketahui, World Bank telah berkomitmen untuk memberikan pembiayaan sebesar US$200 juta untuk pengembangan tiga daerah wisata itu.

Selain itu, pengembangan wisata Tana Toraja belum termasuk dalam rencana 10 prioritas destinasi wisata baru. Ke-10 destinasi wisata tersebut yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Bromo-Tengger-Semeru, Labuan Bajo, Wakatobi dan Morotai.[Sumber : bisnis.com]