Berita Bethel
Penulis: Pram (11/03/2015)

Uang dan Waktu


Bacaan: Markus 12:13-17, 28-31. NATS: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” (Markus 12:17). Selama perjalanan ke London, saya mengunjungi Museum Bank of England, lalu terus ke Museum Clockmakers. Dalam beberapa hal, saya terkejut saat menyadari bahwa uang dan waktu telahmenjadi komoditas sangat penting sejauh ingatan manusia. Namun, keduanya juga menghadirkan satu dilema besar dalam hidup. Kita memanfaatkan waktu yang berharga untuk bekerja mencari uang, lalu menghabiskan uang kita untuk menikmati waktu libur. Kita jarang memiliki keduanya secara seimbang.



Sebaliknya, Tuhan tidak pernah dipusingkan oleh uang atau waktu. Ketika ditanya apakah membayar pajak kepada Kaisar itu sah menurut hukum, Yesus menjawab, “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!”(Markus 12:17). Meskipun kesibukan-Nya menyita waktu, Yesus meluangkan waktu di pagi hari dan larut malam untuk berdoa, mencari dan melakukan kehendak Bapa-Nya.



Penulis himne Frances Havergal menulis: Ambillah hidupku, dan biarlah Diabdikan kepada-Mu, Tuhan; Ambillah waktu-waktu dan hari-hariku,Biarlah mereka mengalir dalam pujian tanpa henti.Ambillah perakku dan emasku,Tak sedikit pun akan kutahan; Ambillah kepandaianku dan pakailah Setiap kekuatan yang akan Kaupilih.Kita dapat menyeimbangkan waktu dan uang dengan sebaik-baiknya jika kita mempersembahkan diritanpa syarat kepada Allah.PERGUNAKANLAH WAKTU DAN UANG DENGAN BIJAK KARENA KEDUANYA MILIK ALLAH. (David McCasland/e-RH, Foto : Istimewa).