Berita Bethel
Penulis: Pram (12/02/2017)

Gereja = Agen Perubahan

“Kita adalah agen perubahaan atau dunia mengubah kita ?”, ujar Pdt. Himawan Leenardo (Sekretaris II BPH GBI) ketika menyampaikan pembekalan kepada peserta Pelatihan Sekretaris dan Kesekretriatan BPD se-Indonesia di Graha Bethel, Jakarta (Kamis, 9/2).

Sekitar 45 orang sekretaris BPD GBI se-Indonesia dan 1 orang dari BPLN Timor Leste hadir dalam pelatihan ini yang berlangsung mulai 8 – 10 Februari 2017.

Selanjutnya, ia mengatakan BPH GBI akan membuat platform e-sinode (Sinode Digital). Sinode menurutnya mempunya fungsi yaitu law government, spiritual government, teaching and coaching dan penatalayanan.

Dari pengamatannya, perkembangan digital berbasis internet kini ada istilah “Gereja” terbesar di dunia yakni layanan you tube. Artinya, di situ terdapat banyak kotbah-kotbah hamba-hamba Tuhan yang bisa diputar bergantian dan tanpa henti.

Tantangan masa kini dan masa yang akan datang dalam hal perubahan terdiri dari unsur : 1. Tradisi. 2. Rasa nyaman. 3. Tidak melihat perubahan. 4. Terlalu menyakitkan. 5. Budaya instan.6. Mudah menyerah.Di akhir sesi, ia mengingatkan agar staf sekretariat bisa menyelesaikan data-data di lingkungan BPD masing-masing sebelum April 2017.

Artikel Terkait : Hidup=Perjalanan Spiritual