Berita Bethel
Penulis: Pram (07/03/2017)

Jokowi: KTT IORA Menghasilkan Jakarta Concord

Jakarta - Presiden Jokowi menutup Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA). Dalam pidato penutupannya, Jokowi menjabarkan hasil KTT selama tiga hari ini yang termaktub dalam Jakarta Concord.

"KTT kali ini juga merupakan tonggak pembaharuan komitmen negara-negara anggota IORA untuk mengintensifkan kerja sama IORA. Semua pemimpin menyadari tantangan yang dihadapi saat ini, semua pemimpin menyadari mengenai potensi yang dimiliki oleh negara-negara IORA," tutur Jokowi dalam pidatonya di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (7/3/2017).

IORA telah terbentuk selama 20 tahun. Tetapi saat ini adalah untuk pertama kalinya IORA menggelar KTT dan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Jokowi berharap seluruh anggota IORA maju bersama-sama dalam menghadapi tantangan ke depan. Selain itu, menurut Jokowi, para pemimpin negara IORA juga menyadari betapa pentingnya menjaga ekosistem laut, terutama Samudera Hindia yang menghubungkan negara-negara tersebut.

"KTT kali ini menghasilkan Jakarta Concord," kata Jokowi.Ada 6 poin yang terdapat dalam Jakarta Concord. Jokowi dan para perwakilan negara lainnya telah menandatangani kesepakatan itu.

"Selain 6 kerja sama tersebut, para pemimpin IORA juga mendorong IORA untuk memperkokoh kerja sama tiga isu lainnya yaitu blue ekonomi, woman empowerment dan demokrasi tata pemerintahan yang baik, pemberantasan korupsi, serta hak asasi manusia," tutur Jokowi.

Berikut ke enam poin yang terdapat di Jakarta Concord :1. Meneguhkan komitmen memajukan keamanan dan keselamatan maritim. 2. Meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi. 3. Memajukan pengembangan dan pengelolaan perikanan yang berkesinambungan dan bertanggung jawab

4. Memperkuat pengelolaan risiko bencana. 5. Memperkuat kerja sama akademis dan ilmu pengetahuan. 6. Memajukan kerja sama di bidang pariwisata dan kebudayaan. [Sumber : detik.com].