Berita Bethel
Penulis: Pram (13/03/2017)

Mendikbud Keluarkan Instruksi Larang Siswa Bermain 'Skip Challenge'

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menginstruksikan guru dan wali kelas untuk melarang siswa atau peserta didiknya bermain sebuah permainan yang saat ini sudah menjadi viral di ranah media sosial yakni 'Skip Challenge'.

Permainan ini dianggap sangat membahayakan jiwa."Kepala guru, terutama wakil kepala sekolah kesiswaan untuk memantau dan melarang anak-anak untuk melakukan itu (bermain Skip Challenge)," kata Mendikbud Muhadjir seperti dilansir Antara, Jumat (10/3).

Mendikbud mengingatkan kepada pelajar tentang bahaya dari permainan tersebut karena bisa mengancam jiwa."Oh tidak boleh itu, itu berbahaya sekali menantang jiwa. Saya kira itu tidak boleh dilakukan," tegasnya.

Skip Challenge atau pass out challengge adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menekan dada sekuat atau sekeras mungkin selama beberapa waktu sehingga menyebabkan anak yang memainkan permainan ini menjadi kejang atau bahkan pingsan.

Ia menuturkan Kemendikbud telah mengirimkan instruksi larangan bermain Skip Challenge kepada seluruh kepala sekolah di Indonesia. "Sudah, sudah kita imbau," tandasnya.

Diketahui, Skip Challenge atau pass out challenge tengah jadi tren di kalangan anak sekolah. Seseorang menekan dada temannya yang sedang menahan napas hingga kehilangan kesadaran. Jika temannya kejang-kejang dan pingsan, maka mereka tertawa-tawa senang.Sebetulnya tren ini sudah muncul sejak tahun 2008, Skip Challenge kembali jadi viral beberapa minggu belakangan. [Sumber : merdeka.com]