Berita Bethel
Penulis: Pram (01/06/2017)
Hidup Bukan Untuk Mengejar Janji-janji-Nya, Melainkan Menjadi saksi-Nya

Kis. 1:6-11 "...............Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.........".

Dalam setiap tawaran lowongan pekerjaan, ada dua syarat yang sangat penting : lulusan sebuah jenjang pendidikan dan pengalaman kerja pada bidangnya. Pengetahun dan pengalaman adalah dua modal penting untuk mampu bertahan dan berpeluang menang dalam segala bidang kehidupan. Lalu, sudah cukupkah dua modal tersebut bagi setiap kita dalam menghadapi tantangan hidup yang semakin tidak mudah ini ?.

Kalimat Firman Tuhan tertulis :  " ... kalau Roh Kudus turun ke atas kamu,..." ( ayat - 8 ). Dari kalimat Firman Tuhan sebagai kutipan perikop " Yesus terangkat ke sorga." Hal penting dari peringatan kenaikan Yesus ke sorga adalah janji akan turunnya Roh Kudus atas hidup setiap murid-murid dimasa itu dan juga keatas hidup kita dimasa kini, serta bagi setiap orang percaya kepada Yesus. Apa yang terjadi kalau Roh Kudus turun ke atas kita?

1. Kita akan menerima kuasa." Tetapi kamu akan menerima kuasa,... ( ayat - 8a ). Dengan kuasa Roh KudusNya, kita akan hidup sebagai anak-anak Tuhan. sebutan anak-anak Tuhan bukan sebuah status kebanggaan, tetapi soal kualitas cara hidup kita.  Band. Yohanes 1:12. Kita tidak cukup hanya memiliki pengetahuan, tetapi kita lebih memerluka kuasa Roh Kudus untuk mengurapi pengetahuan yang kita miliki, sehingga hasilnya lebih berkualitas.

2. Kita akan menjadi saksiNya.",.. dan kamu akan menjadi saksiKu di....  ( ayat - 8c ). Menjadi saksiNya, berarti kita dilibatkan Tuhan Yesus secara langsung dalam karya dan pekerjaanNya di muka bumi ini. Jadi, pengalaman hidup kita akan jauh berbeda saat Roh Kudus turun atas hidup kita.

Aplikasi / Penerapan:Kenaikan Yesus Kristus tidak berpaedah apa-apa bagi kita, tanpa kita merindukan dengan sungguh-sungguh agar Roh KudusNya turun keatas kita. Ada dua berkat dari kenaikan Yesus Kristus ke Sorga bagi tiap kita:

A.Jangan hidup biasa-biasa, hiduplah dengan kuasa-Nya." ... Engkau pada masa ini.." ( 6 ). Mempercayai Yesus karena berharap akan jawaban persoalan-persoalan hidup masa ini (Jasmani - lahiriah) adalah cara hidup yang biasa-biasa yang dilakonkan semua penganut agama-agama.

Tetapi setiap orang yang hidup dalam kuasaNya akan berjuang serius untuk hidup sebagai anak-anak Allah yang selalu mengutamakan kualitas ( nilai-nilai kekekalan ) ketimbang kuantitas ( nilai-nilai kefanaan ). Saat Roh Kudus turun atas kita, maka kita akan mengerahkan segala pengetahuan dan kemampuan yang ada untuk mencapai nilai-nilai kekekalan.

1 Yoh. 5:20 - Hidup dengan kuasa = Bukan kejar yang fana. Jadi, selama hidup bertujuan untuk mengejar segala yang fana, maka kita tidak dipercaya untuk hidup dengan kuasa-Nya.

B.Jangan hanya tuntut janjiNya, tetapi jadilah saksi-Nya."..... akan menjadi saksi-Ku,.. ( 11 ). Kata " Janji " dalam kalimat diatas adalah segala bentuk perbuatan dan pemberian Allah secara bendawi dan rohani.

Kenaikan Yesus ke Sorga mengingatkan murid-muridNya agar tidak larut dalam penantian yang panjang akan segala janji Yesus, tetapi mereka harus pergi untuk menyaksikan segala sesuatu yang mereka telah dengar dan telah mereka alami bersamaNya.

Saat Roh Kudus turun keatas kita, akan ada kekuatan besar yang mendorong kita untuk menyakasikan segala perbuatan Tuhan yang besar di hidup kita. Band. Titus 2:15 - Wibawa hidup kita = Pengalaman bersamaNya.Mengejar janji-janji Tuhan secara rohani dan jasmani tidak akan membuat setan gentar kepada kita, tetapi dengan Roh KudusNya kita dimampukan menjadi saksiNya; di keluarga, dunia pekerjaan / pendidikan dan kemana saja kita melangkah. Jadi, rindukan Roh Kudus untuk menjadikanmu sebagai saksiNya bukan hanya mengejar janji-janji berkatNya.[Pdt. Yusuf Sumitro,MTh-BPD GBI Tapanuli/Foto : Istimewa].