Berita Bethel
Penulis: Pram (13/06/2017)
Qatar Membuka Jalur Laut Langsung Dengan Oman

Qatar sudah mulai menerobos pembatasan hubungan laut oleh negara-negara tetangganya dengan menggunakan pelabuhan di Oman.Kapal kargo pertama sudah tiba di Qatar dari kota pelabuhan Sohar di Oman.Otorita pelabuhan Qatar juga mengumumkan dua layanan baru langsung dari pelabuhan Hamad ke dua pelabuhan di Oman, Salalah dan Sohar, untuk menghindari kebutuhan jasa pelabuhan di negara tetangga Uni Emirat Arab, seperti selama ini.

Layanan baru perjalanan laut itu masing-masing akan dilakukan tiga kali seminggu.Dan kapal kargo yang digunakan akan lebih kecil agar bisa langsung mencapai ibu kota Doha.

Beberapa negara Timur Tengah antara lain Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir- memutus hubungan dengan Qatar karena dianggap mendukung kelompok militan.

Pemerintah Doha membantah tegas tuduhan tersebut.Sebagai salah satu produser dan eksportir gas alam dunia, Qatar amat tergantung pada sumber pangan dan bahan baku impor.

Para pengamat memperkirakan sekitar 40% dari pasokan pangannya diimpor lewat Arab Saudi, satu-satunya negara yang memiliki perbatasan darat dengan Qatar.

Penutupan perbatasan itu oleh Arab Saudi mengancam pasokan pangan dan bahan baku untuk penyelesaian proyek pembangunan senilai US$200 miliar yang dibutuhkan untuk Piala Dunia 2022.

Namun Qatar pelan-pelan berupaya untuk mengatasi blokade yang dihadapinya dan Iran yang merupakan seteru Arab Saudi mengumumkan sudah menerbangkan lima pesawat membawa berbagai produk ke Qatar.Turki juga diperkirakan akan berperan penting dalam memasok kebutuhan pangan ke Qatar.[Sumber : bbc.com/indonesia].