Berita Bethel
Penulis: Pram (01/07/2017)
Obama: Indonesia Bagian dari Diri Saya

Mantan Presiden AS, Barack Obama, menyampaikan pidato dalam pembukaan Kongres “Indonesian Diaspora Network Global (IDNG).” Obama yang mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dengan dalaman kemeja putih itu memberikan pidato yang berdurasi sekitar 30 menit di hadapan ribuan diaspora Indonesia yang berkumpul di Main Hall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7).

Dalam pidatonya Obama menceritakan pengalamannya berwisata ke Bali dan Yogyakarta, dan menyebut Indonesia selalu menjadi tempat yang istimewa bagi diri Obama.

“Indonesia bagian dari diri saya,” ujar Obama.Obama dikenal memiliki kedekatan dengan Indonesia, karena sempat menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Jakarta.

Dulu saya tinggal tak jauh dari sini. Saat itu gedung tinggi di Jakarta hanya Hotel Indonesia dan Sarinah,” kata suami Michelle Obama itu.Kunjungan Obama ke Indonesia kali ini membawa serta seluruh keluarganya: sang istri, dua putrinya yang beranjak dewasa, Sasha dan Malia, juga sang adik Maya Soetoro.

Dalam kunjungan beberapa waktu lalu di Bali dan Yogyakarta, Obama mengaku sangat menikmati kebudayaan Indonesia. Obama juga mengaku tersentuh dengan sambutan banyak orang selama di Indonesia, terutama pedagang yang menjajakan makanan.

“Kemanapun aku pergi, orang-orang menyambutku dengan mengatakan ‘sate, Pak … bakso … nasi goreng,” ujar Obama yang disambut dengan tawa ribuan orang peserta Kongres Diaspora Indonesia ke-4.Obama menambahkan bahwa ia juga tertarik mencoba jajanan makanan dan minuman khas Indonesia seperti es kelapa muda dan es cendol. [Sumber : voaindonesia.com].