Berita Bethel
Penulis: Pram (10/08/2017)
Seminar Kingdom Driven Church

Gembala GBI WTC, Pdt. Dr. Yonathan Wiryohadi bersama tim kembali memberkati gereja-gereja di Indonesia melalui Seminar KDC (Kingdom Driven Church) pada sesi Sidang MD yang digelar di beberapa wilayah seperti Kutai, Kalimantan Timur (4-5 Juli 2017), Kepulauan Bangka, dan Pontinak, Kalimantan Barat (18-20 Juli 2017).

Pada salah satu sesi Sidang MD tersebut, hamba Tuhan yang akrab disapa Pdt. Wiryohadi ini menyampaikan materi pengajaran tentang gereja yang digerakkan oleh nilai-nilai Kerajaan Surga, atau yang dikenal dengan pengajaran KDC (Kingdom Driven Church) kepada para pemimpin gereja yang ada di ketiga provinsi tersebut.

Di antaranya tentang Injil Kerajaan, Find Your Calling, Ekklesia, Hukum Multiplikasi, Menjadi Terang Dunia, Memberkati Kota dan Bangsa. Para peserta juga diberi kesempatan untuk menggali lebih dalam materi yang telah disampaikan melalui interaksi atau tanya jawab.

Ada sekitar 170 hamba Tuhan dan pejabat GBI yang hadir di KDC Kutai, sedangkan KDC Bangka dan Pontianak dihadiri oleh sekitar 100 hamba Tuhan atau gembala dari gereja-gereja di wilayah itu.

Sebagaimana seminar-seminar KDC sebelumnya, apa yang dibagikan oleh Pdt. Wiryohadi dan tim, membukakan paradigma baru bagi gereja masa kini bagaimana seharusnya mengoperasikan sebuah gereja, yakni bergerak berdasarkan SOP (Standar Operating Procedure) Kerajaan Surga. Jika ini dilakukan, bisa dipastikan gereja akan menjadi kesaksian bagi komunitas, kota dan bangsanya. Penuaian besar di akhir zaman pun akan termanifestasi!

Sebaliknya, gereja yang tidak menghidupi nilai-nilai Kerajaan atau bahkan dengan sengaja melanggar SOP Kerajaan Surga, mustahil akan bertumbuh. Apalagi menjadi kesaksian dan mengalami penuaian jiwa-jiwa, pastilah sangat sulit.

Maka itu, diharapkan dari Seminar KDC, muncul kesadaran pada diri setiap pemimpin gereja, bahwa seyogianya kehadiran gereja yang notabene adalah tubuh Kristus, dapat memberi pengaruh positif terhadap sekitarnya, bahkan mengelobal sampai ke tingkat bangsa dan dunia. Bahasa Alkitabnya, gereja menjadi garam dan terang.

Seperti diakui salah satu peserta Sidang MD, Pdt. Yandoko (Gembala Sidang GBI Jemaat Karya Baru, Pontianak), seminar KDC telah memberinya pencerahan dan penajaman-penajaman lewat kebenaran demi kebenaran firman Tuhan yang disampaikan.

Contoh, bagaimana membangun dan menciptakan terobosan-terobosan baru dalam pelayanan gereja di tengah dunia ini sehingga lebih banyak lagi umat yang diberkati dan jiwa yang dimenangkan bagi Kristus.

Pengalaman serupa dialami oleh Pdt. Dick Rahardjo (GBI City Of Worship, Sintang) yang merasa diberkati secara luar biasa oleh sesi yang dibawakan Pdt. Wiryohadi ini.

Ia bahkan berharap dan mendoakan agar BPD (Badan Pekerja daerah) GBI Kalimantan Barat pada waktu mendatang bersedia mengadakan Seminar KDC, sehingga para pemimpin gereja-gereja di Kalimantan Barat dapat menerima pengajaran KDC secara lengkap.Gereja-gereja Tuhan, inilah waktunya berubah, berbuah dan berdampak bagi dunia! [Ida Hutasoit-GBI WTC].