Berita Bethel
Penulis: Pram (28/08/2017)
Pdt. Timotius Tan : Generasi Muda Perlu Perhatian Khusus

Beberapa hari mendatang, Pdt. Timotius Tan,MA  bakal mengakhiri masa bhakti pelayanannya sebagai Ketua DPA BPH GBI periode 2009-2013 dan 2013-2017 (dua periode) pada hari Kamis, 29 Agustus 2017.

Hal itu bertepatan dengan even pemilihan Ketua DPA periode 2017-2021 dan selanjutnya penutupan Konggres Nasional DPA BPH GBI  di Wisma Kinasih, Bogor, Jawa-Barat. Penutupan Rakornas BPH GBI dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama (sekitar jam 13.00-18.00 WIB).

Menurut susunan jadwal acara, pembukaan acara Konas DPA bersamaan dengan pembukaan Rakornas BPH GBI di Kinasih (Selasa, 29/8, 15.30-20.00 WIB). Selanjutnya, Rakornas BPH GBI digelar di Sentul, Kab. Bogor (30-31 Agustus 2017, siang hari).  Sementara itu, DPA melakukan Konas di Kinasih (30- 31 Agustus 2017).

Sebelum even besar  diatas digelar, Redaksi menemui Pdt. Timotius Tan untuk berbincang-bincang santai. Ketika Redaksi menanyakan hal-hal apa yang menjadi isu krusial (penting) berkaitan dengan generasi muda (gereja) akhir-akhir ini, ia menjelaskan saat ini generasi muda butuh atensi (perhatian), bimbingan,  agar memahami Firman Tuhan, kemudian melakukannya serta tidak terseret arus dunia. Hal lainnya adalah mentoring buat mereka dari dari generasi senior (pemimpin rohani).

"Generasi muda ini musti ngerti tujuan hidup, untuk apa (mereka) ada di dunia ini," ujarnya. Ia pun menambahkan, DPA ada program pelatihan Get Camp yang bertujuan untuk mengarahkan agar generasi muda ini memiliki tujuan hidup dan mengerti panggilan Tuhan atas hidupnya. Diharapkan, usai mereka mengikuti kegiatan ini maka mereka bisa melayani dan mengabdikan dirinya bagi Kristus serta hidup benar sesuai dengan Firman-Nya.  

Kembali bicara soal hubungan generasi muda dengan generasi senior (pemimpin), Pdt. Timotius mengakui ada celah tertentu yang disebabkan oleh perbedaan usia, pengalaman dan zaman. Namun, ia berpesan agar generasi muda bisa menyampaikan kerinduan-kerinduan hatinya kepada pemimpin (generasi senior) dengan baik. Menurutnya, para pemimpin akan bisa mengerti hal itu. "Kami tidak mau keluar dari jalur para bapak-bapak (pemimpin)," tegasnya.

Berkaitan dengan beberapa acara menjalang masa jabatannya berakhir, Pdt. Timotius mengatakan pihak DPA telah mengadakan pelatihan di bidang media bagi generasi muda. Soal masukan buat kepengurusan baru DPA, ketika ditanya Redaksi, Pdt. Timotius menyatakan agar pengurus baru bisa memahami kebutuhan terkini (up-date) generasi muda yang relevan dengan kondisi zaman dan berkarya untuk (mengetahui) kebutuhan-kebutuhan anak muda di gereja-gereja lokal GBI.

Selama kepengurusannya, pihak DPA telah mendorong generasi muda dalam persiapan dan pencapaian melalui berbagai pelatihan antara lain GeT Camp, kewirausahaan,  “Generation of Transformers” (Generasi Pengubah) yaitu Generasi Muda GBI yang menjadi Pemimpin di tujuh bidang kehidupan, dan lain-lain.

Lebih lanjut pesan Pdt. Timotius Tan, pengurus baru yang terpilih perlu segera sosialisasi (struktur) organisasi sebagai top priority, konsolidasi visi, misi DPA BPH GBI agar seragam (sama) dari pusat sampai daerah. Tentunya sembari terus memonitor apa kebutuhan bagi generasi muda di wilayah setempat.

Ia pun mengakui saat ini ada penurunan jumlah anak-anak muda yang hadir di ibadah khusus anak muda, sebab mereka mengikuti (hadir) di ibadah umum. "Bisa jadi karena memikirkan masa depan sendiri, ada kenyamanan hidup. Gembala setempat musti peka terhadap hal ini, jangan sampai gereja seperti di Eropa," ujarnya.  

Di penghujung bincang santai, Redaksi menanyakan apa yang akan dikerjakannya usai tidak lagi menjabat Ketua DPA, ia menjawab dirinya akan fokus ke pelayanan penggembalaan. "Jika saya diminta masukan-masukan oleh kepengurusan baru, saya siap," pungkasnya.

Siapa kandidat Ketua DPA periode 2017-2021 dan siapa yang bakal terpilih ?. Pdt. Timotius Tan menjawab secara diplomatis dan tidak mau mendahului mekanisme persidangan (pemilihan), bakal ada enam bakal calon. Kemudian mengerucut menjadi tiga calon nanti di acara Konas. Ia tidak menyebutkan secara rinci nama-nama mereka.  

Mari kita tunggu saja sembari berdoa agar kedua even di atas bisa berjalan dengan lancar, tertib dan damai-sejahtera. Thanks buat pelayanan DPA BPH GBI baik Ketua, para pengurus dan staf. Sukses dan Selamat Ber-Konas 2017.