Berita Bethel
Penulis: Pram (01/04/2015)

BPD DKI : Memperkuat Peranan Media


BPD DKI Jakarta mengadakan pelatihan Dasar-Dasar Jurnalistik (Selasa, 31/3). Para peserta terdiri dari utusan-utusan Perwil GBI Jakarta-Barat, Jakarta-Utara dan Jakarta-Pusat. Peserta dari BPD DKI yaitu Pdt. Harris Sairo (Sekretaris I), Nelson Kolly (wartawan Transinfo), Sion Nugroho (staf). Hadir juga Sekum BPD DKI (Pdt. Ferry Rodjana) dan Ketua (Pdt. Yonathan Sudaryadi). Pdp. Prambudi, Staf Editor situs berita BPH GBI (beritabethel.com) sebagai nara sumber pelatihan ini. Tujuan pelatihan yaitu Perwil-Perwil bisa menyebarkan informasi seputar kegiatan Perwil itu sendiri dan gereja-gereja lokal di wilayah masing-masing Perwil.



Melalui media (online dan cetak), diharapkan bisa mempersatukan (berjejaring) antar warga gereja lokal GBI di wilayah DKI Jakarta, Nusantara dan luar negeri, khususnya di bidang informasi.Sekretaris I BPD DKI mengharapkan agar para peserta usai mengikuti pelatihan ini, bisa memberikan kontribusi berita dan foto-foto kegiatan masing-masing Perwil atau kegiatan-kegiatan gereja lokal GBI untuk media BPD DKI yaitu Transinfo dan situs berita BPD DKI yaitu www.bpdgbidki.com. Pdp.Prambudi mempersilahkan jika Perwil atau BPD DKI bisa mengirimkan berita untuk selanjutnya dipublikasikan di situs www.beritabethel.com.



Pembekalan materi pelatihan terdiri identifikasi masalah di lapangan, teori-teori jurnalistik seperti bahasa jurnalistik, teknik kepenulisan artikel, berita, liputan di wilayah bencana, liputan kegiatan (sosial, KKR, seminar), teknik wawancara dan lain-lain. Selain itu dibahas juga tentang fungsi pers, UU ITE, UU Pers, Kode Etik Jurnalistik.Selanjutnya peserta diberikan kesempatan untuk melakukan tanya-jawab dengan nara sumber. Sehingga hal ini bisa menambah wawasan bagi para peserta pelatihan. "Media GBI harus diperkuat dan sebagai salah satu ujung tombak pelayanan (publikasi) GBI," ujar Pdp. Prambudi.



Rencananya, para Perwil di masing-masing wilayah dan bekerja-sama dengan BPD DKI akan mengumpulkan gereja-gereja lokal untuk duduk bersama membicarakan sinergi SDM di bidang media dan akan diberikan pelatihan jurnalistik. Selain itu, pertemuan bertujuan untuk menggali potensi dan menemukan SDM yang memiliki kompetensi di bidang jurnalistik. Pelatihan ini mulai jam 10.45 WIB dan berakhir pada jam 14.15 WIB. [Darma Sahala, Perwil GBI Jakarta-Pusat/Editor : Prambudi].     Keterangan Foto : Kiri-Kanan (Ketua BPD DKI, Sekretaris I, Utusan Perwil Jak-Bar, Jak-Pus,  Jak-Ut, Wartawan Transinfo.