Berita Bethel
Penulis: Pram (01/09/2017)

Ketum BPH Lantik Pdt. Joel Manalu, MTh sebagai KPP DPA GBI Periode 2017-2021

Setelah melalui proses pemilihan dan penghitungan suara, Pdt. Joel Manalu terpilih sebagai Ketua DPA BPH GBI baru periode 2017-2021. Perolehan suara masing-masing kandidat yaitu Pdt. Joel Manalu (514 suara), Pdt. Johanes Nahuway,MTh (405 suara) dan Pdt. Johanes Sirait (35 suara). Sementara suara abstain (6 surat suara).

Dari total surat suara yang berjumlah 1.045, 85 surat suara tersisa (tidak digunakan oleh pemilih dan kembali ke Panitia). Pemilihan adalah bagian dari acara hari terakhir Kongres Nasional XV DPA BPH GBI di Kinasih Resort, Caringin, Jawa-Barat (Kamis, 31/8)

Sekitar jam 23.35 WIB, Ketua Umum BPH GBI (Pdt. Dr. Japarlin Marbun) melantik KPP DPA BPH GBI periode 2017-2021 sesuai dengan keputusan Kongres XV DPA BPH GBI. Hadir menyaksikan even ini yaitu Pdt. Dr. dr. Dwidjo Saputro, Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, MTh, Ketua BPD GBI Tapanuli, Pdt. Marical Manalu dan KPP periode 2013-2017 (Pdt. Timotius Tan) serta para peserta.

Usai menanda-tangani naskah pelantikan, Pdt. Joel mengucapkan janji dan kesediaan melayani Tuhan melalui wadah DPA. Selanjutnya para pejabat BPH GBI yang hadir mendoakan Pdt. Joel Manalu.

Pelantikan KPP DPA BPH GBI dilakukan oleh Ketua BPH GBI, sebab DPA adalah bagian dari BPH GBI. Ibaratnya, DPA adalah suatu ruangan (kamar) dari sebuah rumah yang besar yaitu BPH GBI. Dengan demikian, KPP DPA GBI adalah staf BPH GBI. Hal sama berlaku bagi KPD di daerah. KPD adalah bagian dari BPD GBI setempat, hal itu ditegaskan Pdt. Japarlin Marbun sebelum ia mengutip nats dari KIS 6:3-4 dan I Timotius 3:1-14.

Berikutnya, dalam sambutan singkatnya, Pdt. Joel menyatakan rasa berterima-kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan dirinya sehingga terpilih menjadi KPP DPA baru, termasuk berterima-kasih kepada Pdt. Timotius Tan, Pdt. Nahuway dan Pdt. Sirait.

Dirinya bakalan mengajak serta kedua nama itu untuk bersama-sama duduk di kepengurusan masa bhaktinya. Lebih lanjut, ia melantik KPD-KPD se-Indonesia dan KPD luar negeri (BPLN).

Tak ketinggalan, ia pun mohon maaf kepada semua pihak jika ada kesalahan dalam berbicara dari dirinya selama proses pencalonannya. "Kita bersaudara, DPA Kitong Punya!," tegasnya.

Konas ini juga memutuskan penyelenggaraan Konas XVI di tahun 2021 bertempat di wilayah Papua, berdasarkan suara dan jumlah floor (peserta) dengan sistem voting. Keputusan ini meng-eliminasi wilayah Banten, Maluku dan Medan. Berikutnya KPD DKI Jakarta menyerahkan bendera DPA DKI Jakarta kepada KPD Papua. Redaksi Menghaturkan Selamat dan Sukses !.

Artikel Terkait : Siapa Ketua DPA Baru 2017-2021 ?