Berita Bethel
Penulis: Pram (10/10/2017)
Ekklesia Lanjut Menjala Ikan

Pdt. Ronny Daud Simeon, pengurus BPH GBI berbicara soal makna "ekklesia" di hadapan para pemimpin gereja di Graha Bethel, Jakarta (Selasa, 10/10). Tema pertemuan ini ialah Tahun Penuaian Besar. Ia mengutip nats Matius 16:16-18 "..........Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku [my church, ekklesia] dan alam maut tidak akan menguasainya".

Menurutnya, kata itu bermakna sekelompok orang yang dipanggil keluar dari rakyat biasa atau militer menjadi  Dewan Kota untuk mendampingi Raja dalam pemerintahannya. Ekklesia berfungsi untuk memperluas Kerajaan Allah. Sementara itu, makna apostolos adalah panglima perang yang menyerang (pintu) gerbang musuh [rohani,spiritual].

Selanjutnya, ekklesia Kristus dijabarkan Pdt. Dr. Ronny Daud Simeon, SE, MPM sebagai sekelompok orang yang dipanggil keluar dari kerajaan kegelapan. Cara Kristus membangun ekklesia-Nya dalam konteks Kerajaan Allah bermakna Pemerintahan Allah di dalam, di antara dan bersama kita.

"Ekklesia " dalam aplikasinya bukan dalam wujud memancing ikan saja [sendirian], melainkan menjala ikan alias bekerja-sama dengan orang lain. "Hindari gagal paham dalam bentuk mendoakan kursi-kursi kosong tanpa pergi keluar," tegasnya.

Gagal paham soal kebenaran itu, imbuh Pdt. Ronny mengakibatkan jemaat tidak punya hati melaksanakan Amanat Kristus. Ia pun merinci kendala-kendala gereja dalam pelayanan ini yaitu : 1. Gereja minim dana untuk kegiatan di atas. 2. Biaya untuk hal-hal lain [kegiatan lain] berupa  "assesories" gereja besar. 3. Kurang sabar ingin segera melihat hasil yang tidak langsung atau mentalist instant. 4. Belum tersedianya lokasi-lokasi pelatihan khusus berkaitan dengan hal di atas.

Di lokasi pertemuan, Pdt. Dr. Henoch Budiyanto, M.Th menegaskan peran GBI yang akan terus bergerak dalam [tuntunan] tiang awan dan tiang api, sehingga pertemuan ini bukan hanya menjadi wacana saja melainkan ada momen nyata [tindak lanjut].