Berita Bethel
Penulis: Pram (13/11/2017)
BPD Manado, Kaltara, Bali & NTB : Pelatihan Tagana Rajawali

Guna mempersiapkan tenaga-tenaga yang siap terjun ke lapangan, maka dilaksanakan pelatihan Tagana RRI (Rajawali) di sejumlah wilayah pelayanan BPD GBI. Berikut ringkasan kegiatan pelatihan tersebut :

1.Pelatihan Tagana Manado Angkatan ke 35 (foto kiri atas) dilaksanakan pada tanggal 2 - 4 Oktober 2017 di Pantai Wisata Mangatasik - Manado, Sulawesi Utara dengan jumlah peserta 44 orang dengan diikuti oleh BPD GBI Sulut - Go, Pengurus DPA , Siswa SMPD dan para Gembala, dengan instruktur dari Kemensos RI, Dinas Sosial Provinsi dan Tagana RRI. 

Kegiatan ditutup dari Dinas Sosial RRI. setelah selesai mengikuti Pelatihan Dasar Tagana RRI para relawan Tagana ikut serta mensukseskan kegiatan Baksos Sosial yang dibuat oleh Kementrian Sosial pada tanggal 23 - 27 Oktober 2017 yang dihadiri oleh 1000 peserta Tagana dari berbagai Daerah. Dalam kegiatan tersebut Tagana RRI Membuka Dapur Air dan Pos Kesehatan. Kegiatan RRI sangat diapresiasi dari Kemensos RI dan para peserta Tagana Daerah.

2.Pelatihan Tagana Kalimantan Utara Angkatan ke 36 (foto kanan atas dan bawah) dilaksanakan pada tanggal 10 - 12 Oktober 2017 di Taman Wisata Embung Persemaian Kota Tarakan dengan diikuti oleh 40 peserta.

 Kegiatan secara resmi dibuka oleh Walikota Tarakan Ir. Sofyan Raga, M.Si dan dihadiri oleh Kadis Dinas Sosial dan Kabid. Tagana Dinas Sosial Tarakan, Kepala BPBD Kota Tarakan, Kadis. Parawisata Kota Tarakan dan beberapa unsur pemerintah yang lain.

 Setelah mengikuti pelatihan pada tanggal 12 Oktober 2017, para anggota Tagana RRI Tarakan mengikuti upacara dan ramah tamah bersama Walikota. Dan Tagana RRI Tarakan diikutsertakan dalam kegiatan bakti sosial Lainnya.

3.Pelatihan Tagana Sumbawa Angkatan 37 dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober - 2 November 2017 di Taman Wisata Alam Semongkat Batulanteh Sumbawa dengan diikuti oleh 35 Peserta. 

Kegiatan dibuka oleh Kadis Sosial Sumbawa diwakili Kabid. Banjamsos, Cendra Hastuti, Camat Batu Lanteh Zubaidi, S.Pd, Koordinator Tagana Sumbawa  (Dinsos) Dedi Susanto, S.Pdi. Dalam kesempatan tersebut Tagana RRI Pusat bersama Instruktur dari Kemensos RI bersilahturahmi melaporkan Tagana Unsur Rajawali kepada Bupati.

Dengan adanya pelatihan Dasar Tagana RRI sebagai upaya perekrutan anggota baru yang nantinya akan memperkuat TAGANA di Kabupaten/Kota masing - masing. Dengan ilmu yang diterima oleh para peserta menjadi pengetahuan dalam penanganan bencana sehingga memiliki sikap tanggap baik pra, saat, dan pasca bencana. 

Dengan adanya pelatihan yang diikuti unsur Rajawali ini keberadaan TAGANA semakin kuat, sehingga bencana alam dapat tertangani secara maksimal bersama sama dengan dibawah satu garis komando.[Lasma-Dep. Pelmas BPH GBI].