Berita Bethel
Penulis: Pram (15/11/2017)

Butuh Olahraga Berapa Lama untuk Mengimbangi Duduk Terlalu Lama ?

Terlalu banyak duduk dikaitkan dengan risiko obesitas dan berbagai komplikasi penyakit yang menyertainya. Kabar baiknya, dampak buruk tersebut bisa dikurangi dengan olahraga dalam durasi tertentu.Berapa lama harus berolahraga untuk mengimbangi duduk yang terlalu lama, dipengaruhi juga oleh seberapa lama seseorang menghabiskan waktunya dengan duduk. 

Pekerja kantoran misalnya, terkadang harus duduk nyaris seharian penuh sejak pukul 9 pagi hingga 6 sore.Sebuah penelitian menyebut, orang-orang yang duduk selama rata-rata 8 jam sehari perlu olahraga minimal 1 jam sehari untuk mengimbanginya. Sedangkan mereka yang duduk selama 6 jam sehari, cukup berolahraga 30 menit sehari agar dampaknya minimal.

"Tidak harus 'sport', tidak harus pergi ke gym. Tidak masalah hanya dengan jalan cepat (brisk walk), mungkin di pagi hari, saat makan siang, setelah makan malam atau saat petang," kata Prof Ulf Ekelund yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari The Guardian.

Pekerja kantoran biasanya tidak punya cukup waktu untuk olahraga, sehingga rentan mengalami obesitas.Risiko obesitas akibat kurang gerak tidak hanya berdampak pada berat badan. 

Orang-orang yang terlalu banyak duduk juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular, yang juga mencakup stroke dan serangan jantung. Juga lebih rentan mengalami sindrom metabolik.

Organisasi kesehatan dunia atau WHO merekomendasikan aktivitas fisik dengan intensitas ringan-sedang selama 150 menit tiap pekan. 

Intensitas ringan-sedang ditandai dengan napas yang masih teratur, memungkinkan untuk ngobrol nyaman sembari melakukan aktivitas olahraga.[Sumber : health.detik.com/Foto : Istimewa].