Berita Bethel
Penulis: Pram (29/11/2017)
Dirjen Bimas Kristen : Perlu Membuat 'Road Map' Kekristenan

Prof. Dr. Thomas Pentury, M. Si (Dirjen Bimas Kristen) baru yang sebelumnya bertugas sebagai Rektor Universitas Pattimura, Maluku mengatakan perlu segera dibuat 'road map' di Indonesia. Artinya perlu dibuat suatu observasi apa yang menjadi kebutuhan umat Kristiani di Indonesia. Ia mengibaratkan langkah ini sebagai sebuah lentera yang menerangi jalan-jalan yang 'gelap'. Namun, 'road map' itu ada hal-hal tertentu yang bisa menjadi konsumsi publik, sementara itu ada juga yang khusus untuk internal.

Hal itu disampaikan Dirjen (foto tengah) ketika menerima Ketua dan beberapa pengurus DPP Pewarna (Persatuan Wartawan Nasrani) Indonesia di kantor Kementerian Agama Jl. MH. Thamrin, Jakarta (Senen,27/11). Audiensi ini dipimpin Yusuf Mujiono, Pimpinan Majalah Gaharu. Hadir para anggota Pewarna Indonesia dan pengurus DPP masing-masing berasal dari media Gaharu, Inspirasi, warta dki, wartamaya.id, suaratapian.com, dan beritabethel.com. 

Prof. Thomas Pentury mengakui saat ini banyak Aras-aras, sehingga menghasilkan banyak 'road map' (peta) Kekristenan juga.Ia akan meminta PIKI untuk melakukan pembuatan peta itu, sementara itu Dirjen minta bantuan Pewarna untuk melakukan identifikasi sebagai bahan (masukan) pembuatan peta itu.

Di sela-sela audiensi, Nick Irwan pengurus DPP Pewarna mengatakan kepada Dirjen bahwa Pewarna perlu bimbingan untuk melakukan peliputan di lingkungan Kristen. Menjawab hal itu, Dirjen mengatakan perlu di buat MOU antar pihak instansinya dengan Pewarna Indonesia, termasuk kerja-sama dalam pemberitaan kegiatan-kegiatan Dirjen Bimas Kristen.

Pada pertemuan ini, Ketua Pewarna Indonesia mempresentasikan secara singkat sejarah berdirinya Pewarna empat tahun lalu dan ada legalitas yakni akta notaris dan Pewarna adalah organisasi profesi. Sementara itu, Nick Irwan menambahkan bahwa perlunya media-media Kristiani perlu tampil di depan, terutama mengklarifikasi dan menyeimbangkan berita-berita yang berkaitan dengan peristiwa, kejadian tertentu terhadap media-media umum dan masyarakat umum.

Dikutip dari situs www.pgi.or.id, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik sejumlah pejabat eselon I dan II di Lingkungan Kementerian Agama RI, pada Rabu (2/8), di Aula Gedung Kementerian Agama, Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta.Salah satu yang dilantik adalah Dirjen Bimas Kristen, yaitu Prof. Dr. Thomas Pentury, M. Si yang sebelumnya bertugas sebagai Rektor Universitas Pattimura, Maluku.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh para pejabat dan perwakilan stakeholder Kementerian Agama.Prof. Dr. Thomas Pentury, Msi lahir di Ambon, 17 Mei 1963. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Matematika. Fakultas MIPA Universitas Pattimura (2004-2006), Ketua Badan Kerjasama Universitas Pattimura (2006-2007), Sekretaris Badan Penjaminan Mutu Universitas Pattimura (2007-2008), PJS Sekretaris Lembaga Penelitian Universitas Pattimuara (2008), Dekan Fakultas MIPA Universitas Pattimura (2008-2011), dan terakhir Rektor Universitas Pattimura Periode 2012-2016.