Berita Bethel
Penulis: Pram (09/12/2017)

BPD Banten : Terangilah Sekelilingmu !

Keteladanan hidup orang percaya dan para hamba Tuhan ditekankan oleh Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Ketum BPH GBI saat menyampaikan kotbah ibadah perayaan Natal Bersama BPD GBI Banten dengan tema "Terangilah Sekelilingmu", berdasarkan nats Yesaya 60:1-2.

Acara ini dihadiri oleh pejabat GBI, pasangan yang melayani di Propinsi Banten dan bertempat  di GBI Alam Sutera (GBI CK 7), Tangerang (Jumat, 08/12). Hadir Ketua BPD GBI Banten, para pengurus BPD dan DPA GBI Banten.

Menurut Ketum, dunia ini perlu kehadiran terang orang percaya sebab saat ini dunia dipenuhi kegelapan, perbuatan dosa, kesulitan dan tekanan hidup. Sementara itu, Tuhan Yesus telah memberikan terang kepada orang percaya dan para hamba Tuhan. "Bila kegelapan membelenggu seseorang, maka ia merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan dalam hidupnya," tegasnya.

Dari sisi psikologis, ia mengemukakan kondisi seseorang bila telah lama berada dalam kegelapan yang lumayan lama, maka orang itu akan mengalami hal-hal yang kurang baik yaitu emosional, tidak bisa mengendalikan diri, paranoid (ketakutan tanpa sebab), halusinasi, kehilangan gairah hidup dan pengharapan.

Selanjutnya, Pdt. Dr. Japarlin Marbun memberikan metode agar seseorang bisa menerangi orang lain dan lingkungan di sekitarnya dengan mengutip nats Efesus 5:14-17. 5:14 Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu............pergunakanlah waktu yang ada, .....tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan".

Cara pertama sesuai dengan nats di atas yakni seseorang harus ada tindakan (action). Kedua, melakukan evaluasi diri agar berbeda dengan kondisi orang dunia. Ketiga, mempergunakan waktu dengan efisien dan efektif. Sehingga orang percaya dan hamba Tuhan bisa menjangkau banyak jiwa-jiwa di kesempatan yang terakhir, tentunya untuk kemuliaan nama Tuhan. Keempat, musti memahami kehendak Tuhan dalam kehidupan ini.

Diakhir kotbahnya, Ketum BPH GBI mengatakan jika empat hal di atas dilakukan dan menerangi sekeliling, maka akan turun atas kehidupan orang percaya seperti tertulis pada nats Yesaya 60:3 "Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu" dan Yesaya 50:5 "Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu".

Acara ini dimeriahkan oleh penyalaan lilin natal, fragmen WBI yang mengisahkan tentang perjumpaan Yesus dan perempuan Samaria, persembahan performance masing-masing oleh Tifany Geraldine, DPA Banten,We wish you a merry Christmas oleh semua yang hadir dan pembagian door prize dari Panitia buat peserta.