Berita Bethel
Penulis: Pram (20/12/2017)
Natal BPH : Terangilah Sekelilingmu !

Yesaya 60:1-2 menjadi nats utama kotbah Natal BPH yang dilayani Pdt. Dr. Japarlin Marbun di Graha Bethel, Jakarta (Selasa, 19/12). Mengawali kotbahnya, Ia memberikan alasan mengapa orang percaya musti menerangi sekelilingnya yaitu pertama, orang percaya itu telah menerima terang dari Tuhan. Tuhan sendiri turun ke dunia ini menjadi manusia guna menebus dosa manusia (Yohanes 3:16).

Berdasarkan Firman Tuhan, katanya sejak manusia jatuh ke dalam dosa maka kegelapan melingkupi manusia, sehingga manusia tidak dapat meraih terang  dengan kekuatannya sendiri. Alasan kedua ialah dunia membutuhkan terang itu sebab kegelapan menutupi bumi dan bangsa-bangsa (Yesaya 60:2). "Namun, banyak orang yang belum sadar terhadap panggilannya di dunia ini," ujarnya dengan nada prihatin.

Lebih lanjut, ia mengutip nats Matius 5:14 "Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. 5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu".

Untuk bisa menerangi sekeliling kita, Ketum BPH menyampaikan empat langkah sesuai dengan nats Efesus 5:14-17 masing-masing terdiri dari : 1.Mengambil langkah (bertindak). 2. Memperhatikan cara hidup agar tidak seperti orang dunia. 3. Mempergunakan waktu dengan bijak. 4. Hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Ia kemudian membacakab nats Yohanes 9:4 "Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja".

"Kita hidup untuk mewujudkan visi Tuhan. Bila kita sudah menjadi terang bagi sekeliling, maka akan terjadian penuaian raya. Bangsa-bangsa akan berduyun-duyun kepada terang Tuhan. Masa kini, sesuatu yang membuat orang datang kepada Kristus bukan pada sisi bagus dan hebatnya kotbah saja. Melainkan dunia melihat terang Kristus yang terpancar dari kehidupan orang percaya," pungkasnya.

Candle night dinyalakan oleh Ketua MP BPH GBI, Ketua Umum BPH, HRD (Ina Vera Tobing) dan Ketua Panitia. Pdt. Himawan Leenardo selaku Sekretaris I BPH GBI dalam sambutan singkatnya mengatakan dirinya bersyukur atas kasih Tuhan karena para pengurus BPH GBI dan karyawan bisa merayakan Natal 2017 secara bersama-sama.

Acara ini dimeriahkan dengan pujian dari karyawan BPH GBI, Joy Tobing, penganugerahan apresiasi karyawan teladan BPH GBI yaitu Ezra (1 unit sepeda motor) dan Eka (logam mulia 10 gram). Door prize bagi para undangan yaitu 1 unit sepeda, kulkas, dan peralatan rumah tangga lainnya.