Berita Bethel
Penulis: Pram (21/01/2018)
7 Manfaat Luar Biasa Jika Selalu Berdoa Bersama Pasangan. Mari Lakukan!

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang mengandalkan doa dalam menangani masalah pernikahan mereka cenderung puas dengan pernikahan mereka.Banyak pasangan dalam survei ini mengaku bahwa doa bersama pasangan telah membawa insteraksi yang positif bagi kehidupan mereka bersama.

Pasangan yang telah menikah menerima kekuatan dari doa. Mereka memperkuat ikatan pernikahan mereka dengan doa bersama.Ingat pesan dalam Injil: “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.” (Matius 18:20).

Ternyata, ada begitu banyak manfaat luar biasa yang bisa didapatkan pasangan yang secara intens berdoa bersama. Baik saat bersama berdoa di Gereja, maupun doa pribadi bersama di rumah.Berikut kami rangkumkan 7 manfaat luar biasa dari pasangan yang berdoa bersama:

1. Doa membuatmu rendah hati. Saat berdoa, kita merendahkan hati dan diri di hadapan Tuhan. Sikap ini menunjukkan penghormatan kepada Tuhan.Sulit untuk bersikap egois dan menghakimi orang lain saat berada dalam posisi ini. Doa bersama pasangan akan menghilangkan rasa ego dan bisa lebih menghargai pasangan.

2.Doa membuka sikap saling memaafkan. Saat berdoa dengan merendahkan hati di hadapn Tuhan, kita akan semakin terbuka dan berserah pada kuasa-Nya.Doa memberi ketenangan batin, menenangkan emosi dan membantu pasangan yang tengah marah untuk menyelesaikan konflik dengan lebih baik dan kepala dingin.

Saat pasangan mendekatkan diri kepada Tuhan dan memutuskan untuk berdoa, hati dan perasaan mereka diperlunak.Semua masalah sebelumnya bisa diselesaikan dengan cara yang dewasa. Hati menjadi lebih terbuka untuk saling memaafkan satu sama lain.

3.Doa melahirkan rasa syukur. Jika kamu bersyukur kepada Tuhan atas berkah dalam hidupmu, juga pasanganmu (tidak peduli berapa banyak masalah yang datang dan pergi sejak kalian bersama), pada akhirnya rasa syukur itu akan menjadi obat yang membawa harapan untuk menguatkan hubungan itu.

Saat berdoa, kita bersyukur untuk semua nikmat kehidupan yang Tuhan berikan, juga berterima kasih untuk semua cintanya, dan berjanji menjaga semua yang sudah Tuhan berikan itu, termasuk pasangan dan keluarga yang telah dibangun bersama.

4.Doa memperkuat ikatan pernikahan. Doa tidak hanya membuka pintu komunikasi antara kamu dan Tuhan, tetapi juga memperkuat ikatan pernikahan. Hasil penelitian tadi telah membuktikan pepatah lama, “Pasangan yang berdoa bersama, tetap bersama” menjadi kenyataan.

Dalam sebuah jajak pendapat yang dibuat oleh Gallup, terungkap bahwa “di antara pasangan suami-istri yang pergi ke gereja bersama secara teratur, tingkat perceraian adalah 1 dari 2.”Artinya, berdoa bersama saat di Gereja belum cukup, perlu berdoa bersama setiap hari di rumah pada waktu tertentu, misalnya sebelum tidur atau saat bangun pagi sebelum memulai kegiatan.

Namun, di antara pasangan suami istri yang berdoa intens setiap hari, tingkat perceraian turun menjadi satu dari 1 orang. “Doa memperkuat hubungan antara pasangan dan akibatnya, perkawinan diperkuat!

5.Doa mendorong persatuan. Ketika menghadap Tuhan dalam doa bersama pasangan, kita datang sebagai sebuah tim dan mengingatkan diri kita bahwa kita berada di sisi yang sama.Sebagai tim, kita memiliki tujuan yang sama. Pasangan yang berdoa bersama memperkuat tujuan dari hubunganitu.

Melalui doa, pasangan mempersembahkan kehidupan pernikahan bersama, menyerahkan semua suka duka bersama dan menyelaraskan hati sebagai satu pasangan untuk satu harapan dan hasil bersama yang ingin dicapai.

Memegang tangan pasangan saat berdoa adalah gambaran kesatuan fisik yang indah. Berdoa bersama pasangan memberikan persatuan rohani melalui-Nya. Kesatuan fisik dan spritual adalah ikatan yang mengikat dan tidak mudah pecah.

6. Doa mengundang Tuhan ke dalam hubungan.Saat berdoa bersama pasangan, kita mengundang Tuhan untuk hadir dalam hubungan itu, Kita ingin menyambut Tuhan hadir dalam gereja kecil atas nama keluarga.Kita percaya, melalui kuasa doa, Tuhan akan datang dan membawa banyak sukacita kepada pasangan yang terus berdoa kepada-Nya.

7.Doa mengubah banyak hal. Pasangan yang berdoa bersama bukan berarti memiliki hubungan yang sempurna. Namun dengan terus berdoa bersama, memberikan banyak harapan untuk melewati masa-masa sulit penuh harapan.

Pasangan yang tengah berjuang untuk memperbaiki hubungan pernikahan karena masalah, bisa mengandalkan Tuhan agar hubungan kembali harmonis.Bahkan pernikahan yang baik pun bisa menjadi besar saat kita terbuka terhadap Tuhan dan membiarkan Tuhan menuntun kita.[Sumber : gerejawi.com].