Berita Bethel
Penulis: Pram (25/01/2018)

Rakernas I DPA : Tingkatkan Kadar Kasih Kepada Tuhan

Tepat pukul 15.40 WIB, Rakernas I DPA BPH GBI berakhir di Graha Bethel, Jakarta [Kamis, 25/11]. Penutupan acara disertai dengan ibadah penutupan yang dilayani Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Ketua Umum BPH GBI. Ia mengutip nats Yohanes 21:15-17 dengan perikop "Gembalakanlah Domba-domba-Ku".

Tokoh murid dalam nats ini kata Ketum BPH adalah Petrus, yang semula murid Kristus yang menonjol namun menyangkal Yesus Kristus 3 kali dan kemudian bertobat. Terdapat percakapan antara Yesus dengan Petrus seperti tertulis pada nats Yohanes 21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

21:16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku."

21:17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepada-Nya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.

Pdt. Japarlin menjelaskan bahwa kata mengasihi di ayat 15 adalah agape, suatu kasih yang tidak mengharapkan balasan. Namun Petrus menjawab dengan kata mengasihi yang dalam bahasa aslinya [Yunani=filea]. Filea bermakna kasih friendship, take and give.

Yesus bertanya lagi kepada Petrus di ayat 16 dengan kata mengasihi [agape], namun Petrus tetap menjawab dengan kata yang sama [mengasihi = filea]. Ayat terakhir [ayat 17], Yesus Kristus menggunakan kata filea dan Petrus menjawab dengan kata filea juga.

Kunci pelayanan menurut Pdt. Japarlin Marbun adalah hati yang mengasihi Tuhan Yesus dan kemudian mengasihi jiwa-jiwa. "Jika kita mengasihi Tuhan maka promosi itu akan datang dari Tuhan. Semakin kita mengasihi Tuhan maka Ia akan semakin mengasihi kita juga," ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa pelayanan berkaitan dengan kepercayaan dari Tuhan kepada hamba-hamba-Nya. Diibaratkan Tuhan mempercayakan talenta-talenta seperti tertulis di Alkitab.

Usai Firman Tuhan, KPP DPA BPH GBI melantik KPD Barito [satu orang] dan PP DPA BPH GBI [tambahan, satu orang] dengan membacakan SK dan Firman Tuhan dari nats I Timotius 3:8-13.

Kemudian, Ketua Umum BPH GBI mendoakan mereka. Sesuai dengan kesepakatan bersama, Rakernas II pada bulan Nopember 2018 akan digelar di Propinsi Maluku, kota Ambon. DPA GBI di wilayah ini akan menjadi tuan rumah. Ketika berita ini di-up load, peserta tampak naik ke dua bus besar di depan Graha bethel menuju ke Ancol, Jakarta-Utara untuk rekreasi dan makan malam bersama. Selamat dan Sukses.