Berita Bethel
Penulis: Pram (01/02/2018)
Dep Misi dan PI : Menumbuhkan Gereja Misi Lokal/Global [Kis 1:8]

Pelatihan dengan nama Global Focus digelar Departemen Misi dan PI BPH GBI di Graha Bethel, Jakarta [31/1 - 01/2] bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi gereja-gereja lokal GBI untuk melakukan misi, seiring dengan tema utama GBI 2018 yaitu Tahun Penuaian Raya dan sub tema Maximize The Harvester. Hal itu disampaikan Pdt. Dr. Henoch Budiyanto, MTh [Ka. Biro Misi BPH GBI] ketika diwawancara Redaksi di lokasi [Rabu, 31/1].

Pelatihan ini dibuka oleh Pdt. Ronny Daud selaku Ka. Dep. Misi & PI BPH GBI. Ketika memberikan sambutan singkatnya, ia mengatakan GBI akan melakukan misi [Amanat Agung] sampai tuntas, salah satunya melakukan coaching bagi Gereja-gereja GBI.

Nara sumber Global Focus adalah Ellen, seorang hamba Tuhan yang sudah lumayan lama berkecimpung di dunia misi. Menurut Pdt. Henoch, langkah praktis yang akan dilakukan pihaknya adalah pelayanan bagi jiwa-jiwa. "Gereja musti fokus pelayanan eksternal," ujarnya. Para peserta berasal dari sekitar Jakarta dan beberapa utusan-utusan BPD GBI dari beberapa Propinsi di Indonesia.  

Dirinya prihatin dengan kenyataan di lapangan ketika ia mengajak seorang hamba Tuhan, rekannya untuk melakukan pelayanan eksternal, namun menjawab ntar tahun depan saja, ini lagi konsolidasi internal.

Setahun pun berlalu, ia bertemu lagi dengan hamba Tuhan itu. Namun jawabannya masih sama dengan tahun lalu : kami fokus menyelesaikan masalah internal. "Rekan itu terjebak dalam lingkaran rutinitas yang tidak pernah selesai," ujarnya dengan nada prihatin.

Lebih lanjut, ia menekankan jika penjangkauan jiwa-jiwa yang dikerjakan gereja musti di-planning secara matang, ber-komitmen jangka panjang dengan modal utama yakni hati yang mengasihi jiwa-jiwa.

"Kami membuat program ini sebagai program misi terbaru guna memberikan coaching bagi gereja-gereja lokal GBI dalam penjangkauan jiwa-jiwa," tegasnya. Sebagai langkah awal, pihaknya akan trial program di enam BPD GBI di Indonesia. Ketika berita ini di-up load, pelatihan memasuki hari terakhir. Selamat Melayani di Ladang Tuhan.

Artikel Terkait :

Seminar Perkenalan Member Care