Berita Bethel
Penulis: Pram (24/02/2018)
API DPP Dep.Usaha Gelar Program Pelatihan Inkubasi Bisnis [PPIB]

API [Asosiasi Pendeta Indonesia] DPP Departemen Usaha Gelar Program Pelatihan Inkubasi Bisnis [PPIB] angkatan ke-4 melalui API Network [Jaringan Afiliasi Pebisnis Internet Indonesia] bekerja-sama dengan Lions Club Melati Jakarta-Barat. Angkatan ke-4 terdiri dari 12 kali pertemuan [26  Januari - 14 April 2018]. Tema PPIB Batch ke 4 pada hari Jumat, 23 Februari 2018 adalah *Business Model Canvas* bertempat di Waroeng Sunda Jl. Panjang, Jakarta-Barat.

Pendaftaran peserta early bird [awal] berakhir pada 26 Januari 2018 lalu dan dikenakan biaya Rp. 600.000,- . PPIB dilaksanakan 12 kali pertemuan dan bila masuk secara aktif alias tanpa absen,  maka biaya akan dikembalikan secara penuh. Bagi yang berprestasi akan diberikan bantuan modal kerja dalam nominal tertentu.

Pemasaran hasil produksi peserta PPIB akan dibantu dipasarkan melalui jaringan API Network Hal itu disampaikan Pdm. Ripin Suma, SE, MA [foto tengah atas] selaku Ketua API Network dan Ketua API DPP Departemen Usaha kepada Redaksi di lokasi. Sementara itu, Pdt. Henry Runggun sebagai Sekretaris dan Pdt. Yanto Tjahyadikarta, MTh.sebagai bendahara [foto kiri atas].

Para instruktur terdiri dari CEO perusahaan nasional dan  pemilik perusahaan nasional dan para coach serta praktisi ."UKM-UKM banyak yang kami bantu memasarkan produknya melalui jaringan API Network  maupun  suplai ke open market seperti pasar swalayan," kata Pdm. Ripin.

Mengawali pelatihan batch ke-4 ini, sebelum sesi dimulai  diawali dengan ibadah. Firman Tuhan disampaikan Pdt. Yanto Tjahyadikarta, MTh. Ia mengutip nats Yosua 1:7-8 "Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.....".Pdt. Yanto [foto kiri] mengatakan sukses sesnatiasa diraih dengan upaya dan ketekunan.

Nats selanjutnya ialah Efesus 3:20. Menurutnya, sukses bisa diraih dengan cara : 1. Hati yang kuat dan berani menghadapi tantangan, termasuk menghadapi penolakan. 2. Bertindak hati-hati, cermat dan cerdik. Orang sukses bukan bertindak sembarangan dan tanpa perhitungan. Tuhan telah memberikan talenta, modal oleh Tuhan.

3. Tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri, melainkan fokus. Jangan ikut-ikutan orang lain atau meniru-niru. Galilah potensi dan kembangkanlah. 4. Senantiasa membaca Firman Tuhan dan memperkatakannya. Berkat Tuhan akan turun ke atas kehidupan orang benar."Tuhan janjikan kita akan beruntung dan berhasil. Hal ini hanya bisa dicapai dengan pemberian Tuhan, bukan usaha manusia. Tentu melalui usaha yang jujur dan tidak korupsi," pungkasnya.

Batch ke-4 Jumat pagi menampilkan pembicara yakni Ellies Sutrisna, CEO dan pendiri Excellent Group [foto kanan atas] yang menyampaikan tentang Bisnis Kanvas. Materi ini memetakan dan step-step apa saja yang akan dilakukan seorang calon atau wirausahawan. Tujuannya agar efisiensi, efisien, tidak mengalami kerugian dan usaha mengalami kemajuan.

Kurikulum pelatihan : Sesi 1 : Introduction to Entrepreneurship, Pembagian Group & Mentor.Sesi 2  : Entrepreneurial Mindset & Survival Challenge. Sesi 3 : Product & Services Research & Penentuan Produk/Jasa Final peserta. Sesi 4 : Business Model Canvas, Perhitungan Cost & Harga Jual, Laporan Keuangan (P&L).Sesi  5: Strategi Pemasaran (7 P), Logo, Kemasan & Presentation Skills.

Sesi 6 : Bazaar & Presentation. Top 30 AwardingSesi 7 :  Digital Marketing (Sosmed), Photo for Online Shop/Marketplace  & Video Marketing. Sesi 8: Bazaar & Presentation. Top 20 Awarding.Sesi 9 : Selling Skills, SDM untuk UKM, Menulis Buku Bersama untuk Promosi.

Sesi 10 : Bazaar & Semifinalist Presentation & Top 10 Awarding. Sesi 11 : Business Autopilot, Membuat Proposal untuk Investor.Sesi 12 : Finalist Presentation & Winner Awarding Ceremony & Launching Buku Bersama.Sukses.Info lebih lanjut, silahkan sms/wa ke nomor hp : 087881960088.