Berita Bethel
Penulis: Pram (01/03/2018)

Peningkatan Kapasitas Tagana Indonesia Unsur Rajawali (TAGANA RRI)

Bertempat di Batalyon Kavaleri 8 Pasuruan, Jawa Timur pada tanggal 13 – 15 Februari 2018 TAGANA RRI telah melaksanakan pelatihan TAGANA muda dan pelatihan Pemantapan TAGANA. Para peserta berada di wilayah pulau Jawa baik dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Surabaya.

Tuan rumah kegiatan ini adalah BPD GBI Jawa Timur dengan Ketua Panitia yakni Pdm. Rama Rudi F. Kaawoan, sekaligus Ketua Koordinator TAGANA RRI Jawa Timur.

Jumlah peserta pelatihan TAGANA Muda adalah 55 orang dan Pemantapan 27 orang. Kegiatan pelatihan ini tentunya berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Tema kegiatan : Peningkatan kapasitas TAGANA RRI, sesuai dengan tema tersebut Dinas Sosial memberikan materi tentang penanganan Shelter kepada para peserta. TAGANA Jawa Timur adalah Juara Nasional Jambore TAGANA Nasional sebanyak 3 kali. Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur menerima pelatihan kita dengan tangan terbuka dan pengarahan ke setiap kabupaten/kota Jawa Timur sedang dilaksanakan.

Materi pelatihan TAGANA Muda antara lain : pengendalian posko induk, Rescue, pedampingan psikososial, Dapur Umum serta Dapur Air, sedangkan pelatihan pemantapan memantapkan point materi diatas serta dimantapkan dalam kepemimpinan di shelter.

Pelatihan sangat didukung pihak-pihak terkait, sehingga pelatihan dapat berjalan dengan baik. Para peserta diberikan materi kedisiplinan oleh para pemimpin Yonkav 8 sebagai instruktur.

Pelatihan dibuka oleh Pdt. Didimus Fingkreuw mewakili DPM GBI-BPH GBI, BPD GBI. Penutupan kegiatan olehIta Listiani, S.ST, M.Sis [Seksi Perlindungan Sosial mewakili dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur] dan peserta dikukuhkan oleh Kementerian Sosial Husin SST.

Pdt. Didimus menyampaikan bahwa kita harus dapat menjadi orang samaria yang baik hati. Menjadi garam dan terang. Siap melayani masyarakat dan siap melaksanakan tugas sebagai relawan TAGANA RRI, pantang pulang sebelum menolong.

TAGANA RRI semakin menjadi perpanjangan tangan untuk menolong membantu mereka yang tertimpa bencana dan musibah. Semangat Pagi. [Lasma Sulastri - Departemen Pelmas BPH GBI]