Berita Bethel
Penulis: Pram (06/03/2018)
Gereja Musti Bangun Hubungan dengan Lintas Agama dan Pemerintah

Pdt. Dr. Ec. M. Sudhi Dharma [Ketua Departemen Pembinaan Regional II BPH GBI] menyampaikan tiga hal penting yang musti dilakukan gereja-gereja yaitu : 1. Membangun hubungan dengan lintas agama di wilayah setempat.

2. Membuka hati tentang apa yang musti dilakukan gereja di tahun politik, 2018 dan 2019 tentang apa yang sedang terjadi di kota dan negara ini. 3. Membangun hubungan dengan Pemerintah.

Hal itu disampaikannya pada sesi pers konferensi antara media Kristiani dengan BPH GBI di Graha Bethel, Jakarta [Senen, 5/3]. Hadir para pejabat BPH GBI masing-masing Ketua Umum BPH GBI, Pdt. Joel Manalu, MTh [Ketua Departemen DPA], Pdt. Paul R. Widjaya [Sekretaris Umum], Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, MTh [Bendahara Umum], Pdt. Himawan Leenardo [Sekretaris I], dan Pdt. Naftali Untung, MTh [Sekretaris II].

Media Kristiani yang hadir terdiri dari media cetak dan online masing-masing Media Indonesia, Majalah Gaharu, Majalah Bahana, Majalah Inspirasi, Victorius GBI REM, Majalah Narwastu, reformata.com, onlinekristen.com, warningtimes.com, wartamaya.id, radio RPK FM.

Selanjutnya, Sekretaris Umum BPH GBI mengatakan usia GBI kini mencapai 48 tahun. Artinya 2 tahun lagi mencapai 50 tahun. Pelayanan GBI kini tidak hanya sebatas di mimbar-mimbar gereja saja, melainkan melalui siaran-siaran televisi swasta dan radio RPK FM.

"Pendeta GBI semakin dewasa rohani," ujarnya. Beberapa waktu lalu, ia menambahkan bahwa Ketua Umum BPH GBI dan beberapa pengurus BPH GBI diundang Presiden Jokowi ke Istana.

Pdt. Paul R. Widjaya yakin bahwa gereja-gereja Tuhan di Indonesia bakal menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. "Api kebangunan rohani akan menyebar dari Indonesia," tegasnya. Ia pun menginfokan bakalan ada Empower 21 [suatu kegiatan doa dan seminar skala internasional, Red] di SICC Sentul, Kab. Bogor, Jawa-Barat pada tanggal 17-20 Juli 2018.

Hal-hal lainnya disampaikan Ketum BPH yaitu PAUD-PAUD GBI ada di pedesaan dan perkotaan, penyaluran bantuan mobil operasional kepada BPD-BPD GBI secara bergantian setiap bulan, sebuah persembahan dari GBI REM Jakarta, penyaluran 5 unit roda dua [motor], sebuah persembahan dari GBI Gatot Subroto, Jakarta.

Selain itu,GBI memberikan pelatihan bagi jemaat di salah satu wilayah NTT  masing-masing budi daya sorgum, ternak unggas dan ternak lainnya. Di bidang kesehatan, ada juga poliklinik - poliklinik.

Guna mempermudah jemaat, hamba Tuhan dalam proses pengiriman persembahan ke BPH GBI di Jakarta, maka pihak BPH menjalin  kerja-sama dengan Bank BRI dan Bank BCA dalam rangka transfer dana via virtual account serta pembukaan rekening dengan menggunakan nama gereja alias bukan atas nama perseorangan atau gembala GBI. Pengiriman guru-guru ke wilayah pedalaman Papua dengan bekerja-sama salah satu Yayasan.

Terkini, Pdt. Dr. Japarlin Marbun menyampaikan bakalan digelar Konferensi Pendidikan Bethel 2018 di ITHB Bandung [8 - 10 Maret 2018], sebuah kerja-sama antara Departemen Pendidikan dan Teologia BPH GBI - APB [Asosiasi Pendidikan Bethel].

Pernyataan Ketua Umum BPH GBI selengkapnya : Memasuki Tahun Politik, GBI Tetap Netral.