Berita Bethel
Penulis: Pram (12/03/2018)
Rekomendasi Konferensi APB 2018 Kepada Pemerintah

Konferensi Pendidikan Bethel ke-4, tahun 2018 yang dilaksanakan di Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung pada tanggal 8-10 Maret 2018, dihadiri 207 peserta yang terdiri dari praktisi dan pemerhati pendidikan dari seluruh GBI di Indonesia, mengambil tema Menunaikan Amanat Agung melalui Pendidikan.

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama semua elemen bangsa mulai dari pemerintah, gereja dan lembaga-lembaga yang peduli pendidikan dengan tujuan mencerdaskan bangsa. Tugas ini merupakan tugas esensi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kecerdasan bangsa.

Dalam Konferensi Pendidikan Bethel 2018  diperoleh data bahwa program pendidikan masih memiliki banyak kendala seperti: rendahnya kualitas pendidikan terutama di daerah-daerah terpencil, rendahnya kualitas guru, minimnya anggaran pendidikan yang sampai di lapangan, bahkan minimnya sarana dan prasarana pendidikan.

Hal ini berakibat pada capaian pendidikan yang belum menggembirakan dan berdampak pada kemiskinan serta kesejahteraan rakyat. Dalam Konferensi Asosiasi Pendidikan Bethel, seluruh anggota yang hadir memberikan rekomendasi kepada pemerintah  sebagai langkah penanganan pendidikan yang lebih bermutu dan berkualitas, sebagai berikut:

(1).Pemerintah lebih memperhatikan pemerataan pendidikan dan kesetaraan gender dalam pendidikan terutama di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). (2).Pemerintah meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat supaya mereka dapat menempuh pendidikan.

(3). Pemerintah meningkatkan anggaran pendidikan dan adanya pengawasan dalam pengelolaan anggaran pendidikan.(4).Pemerintah meningkatkan kecukupan dan kualitas sarana serta prasarana pendidikan.

(5).Pemerintah meningkatkan kesejahteraan guru honorer melalui anggaran daerah.Demikian rekomendasi ini kami sampaikan kepada pemerintah (pusat dan daerah), dengan satu dorongan dan harapan bahwa pemerintah merespons dengan aksi nyata untuk mencerdasakan anak bangsa dan meningkatkan taraf hidup yang sejahtera.Selain rekomendasi ke pihak Pemerintah, Konferensi juga menghasilkan rekomendasi internal untuk GBI.