Berita Bethel
Penulis: Pram (12/03/2018)
Opening Pelatihan Kesekretariatan BPH dan BPD GBI

Manfaat pelatihan-pelatihan adalah salah satunya pengembangan organisasi untuk mencapai hasil yang besar. Demikian ditegaskan Ketua Umum BPH GBI, Pdt. Dr. Japarlin Marbun saat ibadah pembukaan Pelatihan Kesekretariatan BPH dan BPD GBI di Graha Bethel, Jakarta [Selasa, 13/3].

Pelatihan ini selama dua hari mulai 13 Maret - 14 Maret 2018. Para peserta terdiri dari Sekretaris BPD GBI se-Indonesia dan BPLN Australia.Dalam kotbahnya, Ketum BPH membacakan nats Yohanes 9:4 "Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja".

Secara ringkas, ia menjabarkan nats itu sebagai ada limit [batas] waktu dalam bekerja [pelayanan] sekeras mungkin dan sekuat-kuatnya supaya mencapai target [sasaran]. Ia menambahkan, para pelayan Tuhan musti mencontoh kehidupan dan pelayanan Rasul Paulus yakni selesaikan pertandingan sehingga memperoleh mahkota kemuliaan.

"Jangan karena kita ini pelayanan suka-rela, kemudian kalau suka ya kerjakan, tapi kalau tidak ya tidak kerja," ujarnya. Lebih lanjut, Pdt. Dr. Japarlin menyampaikan pencapaian-pencapaian periodenya pertamanya yang akan berakhir Oktober 2018 antara lain keteraturan dalam sistem organisasi dan perubahan dalam budaya [suasana] dan proses persidangan saat ini yang lebih baik.

Di bidang keuangan, BPH GBI telah mengembailkan persembahan perpuluhan yakni 20% - 30 % kepada BPD-BPD GBI sesuai dengan kondisi daerah masing-masing, penyaluran bantuan mobil Dhaihatsu Grand Max untuk operasional BPD GBI secara bergiliran dan ini adalah persembahan GBI REM Jakarta yang disalurkan oleh BPH GBI. Di bidang pelayanan, saat ini ada 1.000 gereja baru.

Presiden Jokowi beberapa waktu lalu mengundang BPH GBI ke Istana Negara. Hadir Ketua Umum, beberapa pengurus BPH GBI dan MP GBI. Presiden memberikan apresiasi kepada GBI atas peran sertanya dalam pembangunan. Presiden berpesan agar GBI berperan serta dalam pengentasan kemiskinan.

Konferensi Pendidikan Bethel ke-14 tahun 2018 yang digelar tanggal 8-10 Maret 2018 lalu di Kampus ITHB Bandung mencanangkan pembukaan PAUD-PAUD baru sebagai gerakan nasional GBI. "Tolong dilakukan pendataan soal PAUD-PAUD yang sudah ada di GBI dan dilaporkan di SMD-SMD," pesan Ketum BPH.

Tema GBI 2018 ialah Tahun Penuaian Raya dengan sub tema maximize the harvester disampaikan oleh Ketum BPH. Perkembangan dunia yang serba cepat dan canggih, harus diimbangi oleh gereja juga. Karena menurutnya, gereja bisa ditinggalkan [jemaat] jika tidak meng-up grade diri dan pelayanannya.

Berbarengan dengan Sidang Sinode Raya Oktober 2018, bakalan di-launching kuliah teologia via online. "Para pelayan Tuhan GBI banyak yang bukan full timer dan luasnya wilayah geografis.

Melalui kuliah online ini, 24 jam para pelayan Tuhan bisa belajar. GBI saat ini menempati urutan ke dua terbesar jemaatnya, setelah gereja HKBP menempati urutan pertama. Ikuti pelatihan ini dengan serius agar mendapatkan hasil yang maksimal, "pungkasnya.

Selanjutnya Ketum BPH membuka pelatihan dengan ketok palu, sembari disaksikan oleh Sekretaris II BPH GBI [Pdt. Naftali Untung, MTh]. Hadir juga Pdt. Himawan Leenardo selaku Sekretaris I BPH GBI. Selamat mengikuti pelatihan dan sukses !.