Berita Bethel
Penulis: Pram (02/04/2018)
Jumat Agung 2018 : Kuasa dan Kebangkitan Yesus Kristus

Ibadah Jumat Agung dilaksanakan GBI Mal Taman Palem, Cengkareng-Jakarta Barat [Jumat, 30/3]. Tema ibadah adalah Kuasa dan Kebangkitan. Pdt. Alex Leo menyampaikan kotbahnya dengan kalimat pembuka yakni akibat dosa manusia adalah sakit penyakit. Bahkan menurutnya,semakin hari makin bertambah banyak jenisnya dan belum ditemukan obatnya

Akibat kedua yakni kemiskinan baik miskin fisik dan miskin secara pikiran. Artinya seseorang dalam pikirannya merasa kekurangan terus."Adam dan hawa hidup berkelimpahan. Setelah jatuh ke dalam dosa, mereka mengalami kemiskinan", ujarnya.

Akibat ketiga adalah kutuk. Contoh dalam realita sehari-hari antara lain kutuk kematian, mati muda akibat sakit, kecelakaan, tidak menikah, terus menerus keguguran kandungan dan lain-lain.Akibat keempat ialah ikatan dosa. Seseorang sadar bahwa dirinya berbuat dosa, namun ketika ia sadar dan akan berhenti, ia jatuh  ke dalam dosa yang sama dan berulang ulang. Akibatnya adalah kematian fisik dan kematian kekal dalam derita selamanya.

"Manusia yang jatuh ke dalam dosa tidak mampu menolong dirinya sendiri sebab manusia terlahir dalam dosa", ujarnya.Lebih lanjut ia menekankan jika Tuhan tidak menolong, maka semua manusia akan menuju ke neraka. Ia turun ke dunia menjelma menjadi manusia karena benih Roh Kudus melalui perawan Maria dan Ia tanpa dosa.

Pdt. Alex Leo kemudian mengutip nats Yohanes 3:16 "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal".

Menurutnya, Yesus mati kehabisan darah guna menebus dosa umat manusia. Dia curahkan darah-Nya buat manusia. pada hari-3, Ia bangkit dari kematian. Ada kuasa dalam kebangkitan-Nya.

Nats berikutnya yang ia kutip yakni Roma 6:3-9  : "6:3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?.........6:6 Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa............6:9 Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia".

Ia selanjutnya menekankan tentang perlunya seseorang agar percaya kepada Yesus Kristus sebagai juru selamat manusia,dibaptis selam ke dalam air. Karena, [baptisan selam] lambang hidup lama dijadikan satu dengan Yesus di kayu salib. Sebagaimana Yesus dibaptis. "Bersyukur atas kematian dan kebangkitan Kristus," tegasnya.

Pdt. Alex Leo kemudian membacakan beberapa nats yaitu Yesaya 53:4-5, 2 Kor 8:9, Galatia 3:13 dan Roma 8:2. "Kematian kekal dan masuk neraka buat manusia jika Yesus Kristus tidak menanggung salib buat manusia. Secara tubuh, orang percaya bisa mengalami kematian, namun ia tidak masuk neraka kekal. Kelak, kita [orang percaya kepada Yesus Kristus] dibangkitkan dan masuk ke dalam hidup kekal," tegasnya.

Cara untuk bisa masuk ke dalam hidup kekal adalah percaya kepada Yesus dan mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan jurus selamat [Roma 10:9-10]. Diakhir sesi, ia mendoakan jemaat yang hadir khususnya yang mengalami sakit penyakit. Sebagai penghujung acara, beberapa orang yang sakit fisik dan mengalami mujizat kesembuhan ilahi dari kuasa Yesus Kristus tampil ke panggung untuk memberikan kesaksian.