Berita Bethel
Penulis: Pram (11/04/2015)
Tinggal di dalam Kasih Kristus


Bacaan Alkitab hari ini: Yohanes 15. Yohanes 15 berisi empat topik penting, yaitu: pertama, relasi Tuhan Yesus dengan murid-murid-Nya;kedua, relasi murid-murid dengan murid-murid yang lain; ketiga, relasi dunia dengan murid-murid; keempat, relasi dunia dengan Kristus. Relasi pertama merupakan dasar dari relasi yang kedua; relasi yang keempat merupakan dasar dari relasi ketiga. Relasi pertama dan relasi kedua tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Ketika kita memiliki hubungan kasih dengan Kristus, maka secara bersamaan kita juga memiliki hubungan kasih satu dengan yang lain.



Mengapa demikian? Pertama, kasih Kristus mendorong kita untuk mengasihi satu sama lain. Kedua, kita yang mengasihi Tuhan akan rindu untuk menaati firman-Nya. Relasi dengan Kristus merupakan hal yang pertama-tama diajarkan oleh Tuhan Yesus. Relasi dengan Kristus merupakan hal utama yang mempengaruhi seluruh kehidupan orang percaya. Relasi dengan Kristus disampaikan sebagai tinggal di dalam Kristus dan Kristus tinggal di dalam kita. Itulah tinggal di dalam kasih Kristus. Tinggal dalam kasih Kristus adalah ketika Firman-Nya tinggal di dalam kita, yaitu kita percaya dan menaati firman-Nya. Relasi dengan Kristus menentukan hidup kita berbuah banyak di tengah-tengah dunia yang tidak kondusif bagi kehidupan yang kristiani. Namun, ketika orang percaya mengasihi Kristus, maka Kristus yang selalu menjadi panutan, sehingga kita tetap bersukacita di dalam perjuangan iman orang percaya.



Bagaimana dengan Saudara? Apakah Saudara tinggal dalam kasih Kristus? Kita harus berhati-hati dengan perasaan-perasaan yang semu. Tinggal dalam kasih Kristus terwujud ketika firman-Nya tinggal di dalam kehidupan Saudara. Percaya dan menaati firman-Nya adalah tinggal di dalam kasih Kristus dan hasilnya adalah Saudara akan berbuah banyak, meskipun Anda berada di tengah dunia yang tidak kondusif. Yohanes 15:11 “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.” [GEMA / Foto : Istimewa]