Berita Bethel
Penulis: Pram (19/05/2018)

BPD Tapanuli : SMD IV Tapanuli Berlangsung Kondusif

Sebagai salah satu keputusan SMDG III Tapanuli tahun 2017 lalu adalah, bahwa pelaksanaan SMD IV Tapanuli di wilayah Sibolga-Tapteng. Pelaksanaan SMD IV Tapanuli yang kepanitiaannya diketuai oleh Pdm.Ir Basar Sibarani, M.Si,.M.Th berlangsung dari tanggal 16-18 Mei 2018 bertempat di PIA Hotel Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dalam pembukaan yang dibuka resmi oleh Pdt Dr Japarlin Marbun, juga hadir beberapa tamu kehormatan; Kadis Dagkopin Kabupaten Tapanuli tengah mewakili Bupati, Kasi Bimas Kristen mewakili Kakan Kemenag Tapanuli tengah, juga utusan BPH GBI; Pdt DR Ferry Haurissa, M.Th dan Pdt dr. Yosafat Mesak, M.Th.

Selain itu, BPH GBI mengutus Pak Suratno dari Sekretariat BPH GBI untuk membantu proses ujian calon  Pdt yang berlangsung pada salah satu sesi SMD Tapanuli. Peserta Tapanuli sekaligus merupakan MD terakhir di periode kepengurusan 2014-2018 yang telah berjalan baik dibawah kepemimpinan Pdt Marical Manalu, S.PAK.

Seluruh peserta yang berjumlah 220 orang terdiri dari Pejabat (Pdp, Pdm dan Pdt) ditambah peninjau (calon Pdp dan istri gembala) berasal dari tujuh Perwil / BPW yang ada di Tapanuli, yakni Perwil Taput, Tobasa, Humbahas, Sibolga-Tapteng, Tapselma, Pakpak Dairi serta Perwil Samosir.

Adapun agenda penting persidangan adalah pemilihan Balon Ketua umum BPH GBI yang mana dalam hal ini, Pdt Dr Japarlin Marbun masih unggul dari semua balon yang dipilih, kemudian pemilihan anggota MPL yang dimenangkan Pdt Marical Manalu, S.PAK sebelumnya menjabat sebagai Ketua BPD Tapanuli periode 2014-2018, bagian penting dalam pemilihan adalah pemilihan Ketua BPD Tapanuli untuk periode 2018-2022, dimana Pdt Dangas Marbun telah terpilih sebagai Ketua.

Seluruh agenda SMD IV Tapanuli berlangsung dengan sangat kondusif dan penuh keakraban. Selain agenda pemilihan juga pelantikan pejabat baru (Pdp) dan Jenjang Pejabat (Pdm) bagi para Gembala Jemaat sesuai butiran moratorium yang masih berlaku sampai saat ini. Dalam pimpinan Tuhan seluruh peserta akhirnya menerima seluruh hasil persidangan dan siap mendukung kepengurusan berikutnya di BPD Tapanuli, tak kalah penting tampak semangat para Gembala dan Pdt mempersiapkan diri hadir pada Sidang Sinode pada bulan Oktober 2018 nanti.[Pdt. Yusuf Sumitro, MTh].