Berita Bethel
Penulis: Pram (23/05/2018)
Jangkauan Abu Letusan Freatik Merapi Pagi Ini Sejauh 25 Kilometer

Letusan freatik yang terjadi pada pukul 03.31 pagi tadi (23/5/2018) mengakibatkan hujan dibeberapa wilayah Kabupaten Magelang, khususnya di wilayah KRB II dan KRB III.

Berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Magelang dan Pos PGM Ngepos, wilayah yang dijangkau antara lain Desa Keningar, Sumber, Dukun, Kalibening dengan jangkauan abu sejauh 25 kilometer.

Selain itu, letusan tersebut juga teramati dari Pos Pengamatan Gunung Merapi Jrakah dan Kaliurang dengan durasi selama 4 menit dan tinggi kolom letusan 2000 meter yang mengatah ke Barat Daya.

Kasi Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta, Agus Budi Santoso, menerangkan bahwa saat ini Merapi masih dalam status waspada dan belum mengalami kenaikan meski kembali terjadi letusan pada pagi ini."Status Gunung Merapi masih pada tingkat waspada atau level II, dengan radius 3 kilometer dibatasi ntuk aktivitas penduduk," ujar Agus.

BPPTKG juga terus memberikan rekomendasi kepada masyarakat yang beraktifitas di sekitar Gunung Merapi untuk mengenaian masker guna alasan kesehatan. [Sumber : tribunjogja.com/Foto : Petugas BPBD Kabupaten Magelang bagikan masker kepada warga Desa Dukun, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Rabu 23/5].