Berita Bethel
Penulis: Pram (23/05/2018)

Cina Luncurkan Satelit, Berupaya Menjelajahi 'Sisi Gelap' Bulan

Cina telah meluncurkan satelit yang akan membantu negara tersebut menjelajahi sisi Bulan yang tidak bisa dilihat dari Bumi.Satelit bernama 'Queqiao' atau 'Jembatan Magpie', akan mencapai orbit sekitar 480.000 kilometer dari Bumi.Satelit ini akan menjadi satelit komunikasi pertama di dunia yang beroperasi di sana.

Setelah sampai, Cina berencana mengirim perangkat penjelajah ke wilayah yang dikenal sebagai sisi jauh, atau sisi gelap, Bulan.Tidak ada perangkat penjelajah antariksa yang pernah mencapai bagian permukaan Bulan itu karena sulitnya komunikasi.

Queqiao akan membantu meneruskan sinyal dari perangkat tersebut ke para ilmuwan di Bumi.Apakah yang dimaksud dengan 'sisi gelap' Bulan ?.Ada bagian dari Bulan yang tidak dapat kita lihat dari Bumi karena Bulan selalu menghadap Bumi dengan sisi yang sama.Meski disebut gelap, sisi itu sebenarnya tidak selalu gelap. Tapi karena tidak banyak yang diketahui tentangnya, bagian itu selalu dianggap misterius dan diberi nama 'sisi gelap'.

Tapi nama lain yang lebih tepat dan juga sering dipakai ialah 'sisi jauh' Bulan.Pada 1968, astronaut yang menumpang Apollo 8 menjadi manusia pertama yang melihat secara langsung sisi jauh Bulan ketika mereka mengorbit benda langit tersebut.Beberapa tahun sebelumnya pada 1959, satelit Luna 3 mengirimkan gambar pertama sisi jauh Bulan.[Sumber : bbc.com/indonesia/Foto : roket yang membawa satelit Queqiao diluncurkan pada Senin 21/05.].