Berita Bethel
Penulis: Pram (24/05/2018)

Banten : Penuai Berkualitas Hasilkan Tuaian Berkualitas

Para penuai musti ditingkatkan kapasitas pelayanannya dalam era globalisasi saat ini. Hal itu merupakan salah satu hal penting yang disampaikan Ketua Umum BPH GBI, Pdt. Dr. Japarlin Marbun dihadapan para hamba Tuhan saat ibadah pembukaan SMD IV BPD GBI Banten di GBI Basilea [Basilea Convention Center] Christ Cathedral, Serpong, Tangerang, Propinsi Banten [24/5].

SMD ini berlangsung mulai 24 Mei - 26 Mei 2018. Tema utama ialah 2018 Tahun Penuaian Raya dan sub tema : Maximize The Harvester.Hadir Gembala dan Wakil Gembala setempat, Ketua BPD GBI Banten, para pengurus lengkap.

Sementara itu, pejabat BPH GBI yang hadir yaitu Pdt. Dr.dr. Dwidjo Saputro, Pdt. Ir. Suyapto Tandyawasesa, MTh, Pdt. Joel Manalu, MTh [Ketua PP DPA BPH GBI]. Pdt. Dr. Japarlin Marbun mengutip nats Matius 9:35-38 yakni berkaitan dengan karya Yesus Kristus yang bisa diambil sebagai panutan para penuai.

Nats itu memberikan tiga  pemahaman menurut Ketum BPH yaitu 1. Banyak jiwa yang membutuhkan Yesus Kristus. "Yesus melakukan pelayanan, keliling ke desa-desa, kota-kota untuk memberitakan Injil, lenyapkan sakit-penyakit, Ia menjadi gembala bagi jiwa-jiwa.

Bila hal ini dilakukan, maka kita akan menjumpai banyak jiwa. Mereka perlu Yesus Kristus. Namun, sebaliknya jika tidak dilakukan maka kita akan berpikir sudah banyak gereja dan pelayan Tuhan banyak juga," ujarnya.

Atas dasar nats itu, Ketum BPH menegaskan bahwa Yesus Kristus melayani dengan dasar kasih-Nya. "Jika kita melayani dengan dasar kasih, maka kita akan melihat tuaian banyak tapi pekerja sedikit.

Kedua, mempertajam pelayanan misi dan PI, karena tugas utama gereja adalah melaksanakan Amanat Agung. Ketiga, Memaksimalkan media untuk pelayanan. Hal ini meliputi peningkatan layanan media di gereja lokal. Hamba Tuhan dituntut menerapkan media yang efektif guna menjawab kebutuhan jemaat.

Lebih lanjut, Pdt. Dr. Japarlin Marbun menyampaikan strategi memaksimalkan penuai yaitu Pertama, minta kepada Tuhan agar Ia kirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian. Penuai yang berkualitas akan menghasilkan tuaian yang berkualitas. Kedua, melatih semua jemaat agar terlibat dalam penuaian dan mendorong mereka agar memahami panggilan pelayanan. Usai ibadah pembukaan, Ketum BPH memukul gong sebagai tanda SMD IV dibuka secara resmi.


Berita Terkait :

Ultah Ketum BPH ke-57 di SMD IV BPD Banten