Berita Bethel
Penulis: Pram (05/06/2018)
BPD Jakarta : Strategi Memaksimalkan Penuai

Empat strategi sesuai dengan judul agar menghasilkan penuaian yang maksimal di atas disampaikan Pdt. Dr. Japarlin Marbun selaku Ketua Umum BPH GBI di sesi ibadah pembukaan SMD BPD DKI Jakarta IV di GBI Rehobot, Kelapa Gading, Jakarta-Utara [Selasa, 5/6]. SMD ini mengusung tema 2018 Tahun Penuaian Raya dan sub tema Maximize The Harvester.

Ia memaparkan strategi itu masing-masing : 1. Memahami panggilan pelayanan. 2. Meningkatkan kapasitas diri. 3. Mempertajam misi dan PI, sesuai dengan nats Matius 28:19-20, Markus 16:15-16, KIS 1:8. 4. Memaksimalkan media untuk pelayanan.

"Dana pelayanan misi hanya sekitar 8-12 % saja, sementara sisanya dialokasikan untuk kebutuhan internal gereja misalnya pergantian korden, sound system dan lain-lain," ujarnya prihatin.

Ketum BPH berpandangan, pelayanan masa kini perlu ditopang media, artinya warta gereja dalam bentuk cetak perlu dialihkan menjadi digital. "Warta yang dicetak sering kali ditinggalkan jemaat di kursi-kursi gereja," katanya. Ia mencontohkan gereja bisa membuat video [sederhana] tentang pelayanan [dalam konteks tertentu] dan di-up load ke youtube sehingga bisa dilihat oleh kalangan luas dengan biaya yang terjangkau.

Lebih lanjut, ia mengatakan dasar keberhasilan Yesus Kristus  dalam pelayanan dan perlu dilakukan juga oleh gereja lokal dalam konteks penuaian jiwa, sesuai dengan nats Matius 9:35-38 yaitu : 1. Ia berkeliling ke desa-desa dan kota dengan landasan pelayan-Nya adalah belas kasihan.

2. Minta kepada Tuhan untuk mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian. 3. Memaksimalkan jemaat dalam pelayanan sehingga mereka terlibat dalam penuaian. Artinya jika hal ini dilakukan maka akan menghasilkan banyak tuaian jiwa.

Penuai perlu dimaksimalkan mengingat ladang pelayanan perlu penuai yang berkualitas, situasi pelayanan di dunia saat ini yang mengalami perubahan. Sehingga perlu pola-pola baru, bukan pola lama. "Jika terlambat, bisa saja gereja berubah menjadi bioskop, "katanya.

Selain itu, gereja menghadapi tantangan dari luar yang semakin besar. Perkembangan teknologi yang didukung internet memberikan andil dalam hal ini. Ia memberikan contoh, jemaat kini bisa menikmati pujian atau kotbah dari youtube.

Usai sesi kotbah, Ketum BPH GBI memimpin Perjamuan Kudus dan dilanjutkan dengan sesi pemukulan gong sebagai pertanda SMD IV secara resmi dibuka. Sesuai jadwal, persidangan berlangsung mulai hari ini, Selasa, 5 Juni 2018 dan akan berakhir pada hari Kamis,7 Juni 2018. Persidangan akan memilih Ketua BPD GBI dan anggota MPL serta bakal calon Ketua Umum BPH GBI periode 2018-2022.