Berita Bethel
Penulis: Pram (18/06/2018)
BPD Kaltara : Memaksimalkan Kapasitas Penuai

Penuaian jiwa-jiwa dan peningkatan kapasitas diri para penuai menjadi fokus kotbah Ketua Umum BPH GBI pada sesi ibadah pembukaan SMD BPD GBI Kalimantan Timur dan Utara [Kaltara] di GBI Rock Community Center, Balikpapan [Selasa, 12/6].

Salah satu langkah yang musti dikerjakan gereja adalah memaksimalkan para penuai, demikian Pdt. Dr. Japarlin Marbun berpandangan soal hal ini.  "Ladang Tuhan membutuhkan penuai-penuai yang berkualitas," tegasnya.

Hal ini berdasarkan situasi dimana lokasi pelayanan di dunia ini yang sudah berubah, menuju era digitalisasi dan globalisasi. Sementara itu, tantangan dari luar semakin besar. Bila diinterpretasikan, artinya situasi dunia di era tahun 1950-an, berbeda dengan masa kini di tahun 2018.

Yesus Kristus bisa berhasil dalam pelayanan-Nya, menurut Ketum BPH ini yakni melakukan serangkaian pelayanan yang menyentuh berbagai kalangan secara langsung. Ia melayani sembari berjalan keliling desa dan kota, termasuk mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga.  Yesus Kristus juga melenyapkan berbagai kelemahan tubuh [sakit penyakit], mengadakan mujizat yang luar biasa serta Ia menjadi gembala bagi jiwa-jiwa.

Lebih lanjut, ia menambahkan agar terjadi Penuaian Raya sesuai dengan tema GBI di tahun 2018, maka gereja musti berdoa agar Tuhan mengirimkan para pengerja untuk menyambut penuaian ini. "Jemaat harus dimaksimalkan agar juga terlibat juga dalam proses penuaian ini," tegasnya.

Para penuai harus memahami panggilan pelayanan agar mereka bisa menjadi maksimal dalam pelayanan. Langkah berikutnya adalah meningkatkan kapasitas diri, mempertajam pelayanan misi, PI dan memaksimalkan media untuk pelayanan.

Ketum memberikan masukan saat ini warta gereja dalam format cetak sudah saatnya untuk beralih ke format digital, bisa menggunakan video, kemudian di-share-kan melalui media sosial atau bisa via youtube.

Usai sesi ibadah pembukaan, Ketum selanjutnya memukul gong sebagai tanda SMD dibuka secara resmi. Turut mendampingi beliau antara lain Pdt. Ferry Haurissa [BPH GBI], Ketua BPD GBI Kaltara, Pdt. Tuty Rangen, kemudian juga Ketua Panitia [Pdp. Yanti Manginteno]. Persidangan berjalan dengan lancar dan sukses.