Berita Bethel
Penulis: Pram (22/06/2018)
Up Date News : Situasi Ziarah Rohani di Israel

Pasca pelarangan masuknya warga negara Indonesia ke Israel per tanggal 9 Juni 2018 dan kemudian di undur menjadi ke 27 Juni 2018 oleh Pemerintah Israel ?. Redaksi menerima keterangan singkat tentang hal itu dari Pdt. Dr. Japarlin Marbun dalam kapasitasnya selaku pribadi berada di sana pada sekitar minggu ke-tiga bulan Juni 2018 sampai tanggal 22 Juni 2018 :

Banyak peziarah asal Indonesia yang kini berada di Israel, seperti tahun-tahun sebelumnya.Pemeriksaan terhadap warga negara Indonesia berlangsung normal, tidak ada pengetatan. Bahkan, semua tur operator dan pemandu wisata lokal mengharapkan larangan masuk ke Israel bagi WNI segera dicabut.

Situasi di sini kondusif, penjagaan keamanan juga normal. Lokasi-lokasi ziarah dibuka seperti biasa, tidak ada penutupan buat didatangi WNI. Peziarah dapat melakukan aktifitas dengan lancar seperti kunjungan ke lokasi-lokasi bersejarah seperti tertulis dalam Alkitab dan juga berdoa di sini dengan aman.

Penundaan pelarangan masuknya peziarah asal Indonesia adalah berkaitan dengan pertimbangan sosial dan ekonomi.Pada masa liburan di bulan Juni 2018 ini, sekitar 3.000 orang Indonesia telah membayar tiket pesawat dan biaya tur, bila pelarangan dilakukan per tanggal 9 Juni 2018, maka kerugian besar akan menimpa berbagai pihak. Atas pertimbangan ini, maka pelarangan masuk ke Israel di tunda.

Saran saya untuk wisatawan yang berada di Israel, manfaatkan waktu untuk berdoa dan berziarah. Sementara itu, bagi mereka yang akan berangkat ke sini, silahkan menunggu keputusan,  apakah izin masuk ke sini akan dibuka atau tidak. Jika dibuka, silahkan  mendaftarkan diri ke travel biro yang terpercaya dan berpengalaman.