Berita Bethel
Penulis: Pram (14/07/2018)
Peresmian Team Satgas MEKAR

Meningkatnya KDRT mendorong GBI merespons situasi ini dengan membentuk Team Satgas MEKAR [Melindungi Keluarga, Anak dan Remaja]. Menurut data yang dirilis oleh pihak BPH GBI yang ditanda-tangani oleh Ketua Umum BPH GBI dan Ketua I Bidang Pembinaan Keluarga BPH GBI, Pdt.Dr.dr. Dwidjo Saputro, SpJK [Ketua Pembinaan Keluarga dan Pokja Keluarga Unggul BPH GBI], jumlah KDRT yang menimpa kaum perempuan mencapai angka 335.062 kasus.

Sementara itu, KDRT terhadap anak-anak mencapai 26.954 anak, berdasarkan data KPAI selama 7 tahun terakhir. Hadir juga sebagai nara sumber yakni  perwakilan Komisioner KPAI, Sitti Hikmawati.

Team MEKAR bertujuan untuk membantu keluarga, anak dan remaja untuk melakukan isentifikasi masalah dan memberikan alternatif pemecahan masalah pada waktu situasi krisis. Team juga menyediakan pertolongan pertama [darurat] setiap keluarga yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan dan memulihkan kembali fungsi keluarga, berusaha mempertahankan keutuhan unit keluarga dan menyediakan tautan ke sumber daya komunitas yang tersedia.

Lebih lanjut, pertolongan pertama yang bakalan diberikan oleh Team Satgas MEKAR terdiri dari enam butir : 1. Memberikan dukungan dan perawatan praktis untuk memberikan rasa nyaman.2. Menilai kebutuhan dan derajat kekhawatiran. 3. Membantu pemenuhan kebutuhan dasar yang terdiri dari rasa aman, penerimaan, pengakuan dan edukasi. 4. Menghibur untuk menciptakan rasa tenang. 5. Membantu agar terhubung ke informasi, layanan, dukungan psikososiospiritual. 6. Melindungi [korban] dari bahaya lebih lanjut.

Acara diakhiri dengan pelantikan dan doa untuk Team Satgas MEKAR oleh Ketua Umum BPH GBI, dilanjutkan dengan penanda-tangan Rekomendasi GBI berkaitan dengan keluarga oleh Ketum BPH GBI dan Pdt. Dr.dr. Dwidjo Saputro, SpJK. Rekomendasi selanjutkan akan diserahkan pihak BPH GBI kepada instansi terkait.

Rangkaian acara Puncak Bulan Keluarga GBI 2018 ini telah digelar di Graha Bethel, Jakarta [Selasa, 26/6]. Dalam waktu dekat, perwakilan BPD se-Indonesia bakalan diberikan pelatihan guna persiapan pembentukan Team Satgas MEKAR di masing-masing Propinsi dan sampai ke gereja-gereja lokal GBI di nusantara dan luar negeri.

Berita Terkait :

Opening Puncak Bulan Keluarga GBI 2018

Enam Persen Anak-Anak Indonesia Alami Kekerasan

Gereja Berperan Mencegah Kekerasan Pada Keluarga