Berita Bethel
Penulis: Pram (15/07/2018)
Rekomendasi GBI Terkait KDRT

GBI concern terhadap "Bencana Keluarga" yakni semakin meningkatnya jumlah anak dan keluarga yang mengalami KDRT [Kekerasan Dalam Rumah Tangga].Kondisi ini direspons GBI dengan mengadakan Puncak Bulan Keluarga GBI 2018, sebuah even penting yang digelar untuk ketiga kalinya.

Tema even ini ialah "Peran Gereja dalam Perlindungan Keluarga dan Anak terhadap Kekerasan" dan bertempat di Graha Bethel, Jakarta [Selasa, 26/6].

Usai serangkaian sesi pemaparan "Gereja Berperan Mencegah Kekerasan Pada Keluarga", dengan nara sumber Pdt. Dr.dr. Dwidjo Saputro, SpJK [Ketua I Bidang Pembinaan Keluarga dan Pokja Keluarga Unggul BPH GBI].

Selanjutnya, "Kekerasan dan Undang-Undang Perlindungan Anak" oleh Sitti Hikmawati yang mewakili Komisaris KPAI [Komisi Perlindungan Anak Indonesia],pelantikan dan mendoakan Team Satgas MEKAR [Melindungi Keluarga, Anak dan Remaja], launching Buku Panduan Pendampingan Bencana [Krisis] Keluarga, Anak dan Remaja, Pdt.  Dr.dr. Dwidjo Saputro, SpJK dan Ketua Umum BPH GBI menanda-tangani beberapa butir usulan rekomendasi GBI dan selanjutnya akan disampaikan kepada instansi terkait [KPAI]:

A.Bencana (krisis) pada keluarga, anak dan remaja adalah ancaman yang serius bagi anak dan keutuhan keluarga yang membawa dampak luas bagi lingkungan keluarga dan perkembangan anak sehingga dapat menimbulkan masalah yang lebih besar lagi bagi masa depan generasi muda dan bangsa, yang perlu disikapi oleh setiap pihak terkait dengan serius.

B.Gereja Bethel Indonesia mengambil peran dalam menolong keluarga, remaja dan anak dalam bencana (krisis) dengan membentuk Team Satgas MEKAR di setiap propinsi di Indonesia.

C.Pemerintah agar memberikan dukungan aktif dan kordinatif terhadap upaya masyarakat untuk menolong bencana (krisis) pada keluarga, anak dan remaja, agar pertolongan dapat diberikan dengan maksimal dan cepat.

D.Gereja bersama lembaga sosial lainnya harus bekerja sama untuk memberikan pendidikan dan dukungan bagi keluarga dalam upaya pencegahan dan deteksi dini kekerasan terhadap anak atau anggota keluarga.Penghujung acara ialah pengundian door prize dalam bentuk hadiah barang-barang kebutuhan sehari-hari, termasuk peralatan elektronik dan pres kon dengan media-media Kristiani.

Berita Terkait :

Opening Puncak Bulan Keluarga GBI 2018

Enam Persen Anak-Anak Indonesia Alami Kekerasan

Gereja Berperan Mencegah Kekerasan Pada Keluarga

Peresmian Team Satgas MEKAR