Berita Bethel
Penulis: Pram (04/08/2018)
Asian Games 2018 : Hari Ini, Api Asian Games 2018 Keliling Sumsel

Asian Games Torch Relay (AGTR) atau Kirab Obor Asian Games 2018 mulai dilaksanakan di Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (4/8/2018) ini. Dimulai dengan pendaratan oleh 52 personel Paskhas di Jakabaring Sport City (JSC) sekitar pukul 07.00WIB kemudian dilanjutkan keliling Palembang hingga perairan Sungai Musi. Kirab akan berakhir Selasa (7/8/2018).

Ketua Deputi I Panitia Daerah Asian Games Akhmad Yusuf mengatakan, api abadi Asian Games akan keliling di Sumsel dimulai dari Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, PALI, Prabumulih, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI) sebelum menuju Lampung. Torch Relay ini dilakukan sebagai promosi budaya dan pariwisata.

"Torch Relay keliling Indonesia adalah ajang sosialisasi Asian Games  kepada masyarakat Indonesia, sekaligus mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta potensi-potensi daerah lainnya," ujarnya dalam jumpa pers di gedung Sport Promotion Center (SPC) Jakabaring, Jumat (3/8/2018).

Torch Relay dirancang menonjolkan kekayaan alam, seni, budaya dan potensi daerah yang disinggahi, menjadi rangkaian festival nusantara. Asian Games XVII 2018 memberikan dampak positif pada kegiatan pariwisata Indonesia secara keseluruhan. “Perjalanan api di Palembang akan dimulai Sabtu, ,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Sumsel.

Api obor dalam tinder, lanjut Yusuf, setelah mendarat di Jakabaring akan dibawa keliling Kota Palembang dengan iringan pawai kendaraan dan lari estafet di beberapa ruas jalan yang telah ditentukan.

Kemudian api obor juga akan dibawa ke Pulau Kemaro sebelum dilakukan kegiatan di Pelataran BKB Palembang hingga sore hari. Selanjutnya, api obor Asian Games akan dibawa ke Kediaman Dinas Wali Kota Palembang dengan kendaraan untuk menginap.

Seremonial arakan api obor Asian Games dihadiri dan ikuti Ketua INASGOC Erick Thohir, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Menteri PMK Puan Maharani, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel dan para atlet  asal Sumsel yang akan membawa lari secara estafet hingga simpang Venue Bowling.

Sebelum ke Palembang,  obor Asian Games 2018  melintasi Kota Jambi, Jumat (3/8/2018). Obor di bawa mantan perenang nasional yang pernah membela Provinsi Jambi, M Akbar Nasution bersama tim kirab yang beranggotakan atlet, mantan atlet, pelatih, dan wasit, tokoh masyarakat, serta pejabat Jambi. Obor juga diarak ke Candri Muarojambi yang berjarak 22,8 Km dari pusat Kota Jambi.[Sumber : sindonews.com]