Berita Bethel
Penulis: Pram (21/08/2018)

Paralegal Melayani Sebagai Pendekar Keadilan

LBH [Lembaga Bantuan Hukum] Bethel Indonesia menggelar acara wisuda Paralegal LBH Bethel Indonesia Angkatan III,IV dan V bagi 58 orang peserta Paralegal LBH Bethel Indonesia di Graha Bethel, Jakarta [Selasa, 21/8]. Acara ini juga diisi dengan Pembekalan Sinergitas Paralegal Dalam Pemberian Bantuan Hukum.

Hadir pada acara ini masing-masing Pdt. Dr. Hanan Soeharto, S.H., M.H, Ketua LBH Bethel Indonesia,Pdt. Kiki Tjahjadi, M.Th, Ketua BPD GBI DKI Jakarta, Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Ketua Umum BPH GBI,Pdt. Dr. Jacob Tomatala, Tokoh Pendidikan Kristen STT Jaffray,Constantinus Kristomo, S.S, BPHN RI [Badan Pembinaan Hukum Nasional Republik Indonesia]. Perwakilan Polda Metro Jaya yakni Ipda Dr. Marcus dan AKBP Susana dari PAUR SUN LUH KUM BID KUM dan Rita selaku perwakilan Pengadilan Negeri Jakarta-Pusat.

Dalam sambutan singkatnya, Ketua LBH Bethel Indonesia mengatakan alumnus Paralegal yang wisuda dalam artian ditahbiskan, disahkan sebagai paralegal LBH Bethel Indonesia. "Ini langkah awal untuk mulai pelayanan-pelayanan. Profesi Paralegal adalah pekerjaan khusus yang tidak bisa dikerjakan orang lain.

Namun, ia mengingatkan juga para alumnus melayani suatu panggilan yakni melayani orang lain yang membutuhkan bantuan bantuan hukum. Paralegal adalah pemberi bantuan hukum yang diakui oleh negara. Bisa memberikan bantuan hukum, bukan sebatas pada jemaat lokal, namun masayarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Tuhan telah memanggil, memilih [alumnus]  menjadi pendekar keadilan, membela orang kecil yang membutuhkan bantuan hukum. "Paralegal adalah Amos-amos zaman sekarang," tegasnya.

Pdt. Pdt. Dr. Hanan Soeharto memberikan motivasi kepada para alumnus agar mereka jangan berkecil hati. Mengingat Amos adalah seorang pemungut buah ara. Sembari ia menggambarkan kilas balik pada masa Perjanjian Lama yakni kondisi Israel yang memprihatinkan. "Tuhan berkenan memakai Amos  untuk menyuarakan kebenaran. Keadilan di Indonesia belum merata, orang miskin makin tertekan.

Paralegal sudah ada payung hukumnya untuk melayani [jemaat dan masyarakat] demi hormat dan kemuliaan nama Tuhan. LBH Bethel Indonesia. Diakui oleh hukum dan di-support juga oleh Pemerintah [BPHN RI]," pungkasnya.  

Selanjutnya, Ketua BPD GBI DKI Jakarta mengapresiasi kinerja LBH Bethel Indonesia dan mengatakan pendidikan Paralegal ini bisa menjadi berkat untuk BPD-BPD GBI lainnya di seluruh Indonesia. 

Acara selanjutnya ialah sambutan Ketua Departemen Pelmas BPH GBI, Pdt. Ir. Wiryohadi, M.Th dan Ketua Umum BPH GBI [Pdt. Japarlin Marbun]. [Foto : Ketua Umum BPH GBI,Ketua Departemen Pelmas BPH GBI, Ketua LBH Bethel Indonesia, Ketua BPD DKI Jakarta,berpose bersama usai memberikan sertifikat dan medali untuk tiga perwakilan alumnus Paralegal].