Berita Bethel
Penulis: Pram (24/08/2018)
BPD Sumba - Pelatihan Tagana RRI Angkatan Ke-41 dan 42

Kegiatan Pelatihan TAGANA RRI [Tagana Unsur Rajawali] Angkatan ke-41 dan 42 telah dilaksanakan Juli 2018 lalu di Tapanuli (43 orang) dan Bangka Belitung (55 orang). Bulan Agustus, tepatnya pada tanggal 7 – 9 Agustus 2018 Pelatihan TAGANA RRI Angkatan ke 43 dilaksanakan di daerah Sumba.

Kegiatan ini bertepatan dengan kegiatan KSB [6 Agustus 2018]. Hari berikutnya adalah pembukan Pelatihan TAGANA RRI dan para peserta bergabung di Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Kawangu Sumba Timur. Peserta mendapatkan pengarahan dari PSKBA Kementerian Sosial, Tetty. Beliau menyampaikan tentang simulasi evakuasi korban dan arahan Kepala PSKBA Kementerian Sosial Propinsi NTT.

Para peserta bersama masyarakat dengan jumlah peserta Pelatihan TAGANA RRI dan KSB berjumlah 135 orang mengadakan kerja bakti di Pasar Inpres Matawai Waingapu. Peserta Pelatihan Dasar mendapatkan materi Evakuasi dan Tendanisasi , dilanjutkan bersama masyarakat dengan jumlah peserta Pelatihan TAGANA RRI dan KSB berjumlah 135 orang mengadakan kerja bakti di Pasar Inpres Matawai Waingapu.

Penutupan pelatihan dihadiri Kepala Dinas Sosial Kabupaten, Ketua BPD GBI Sumba dan pengurus, MPL Sumba. Pada sesi ini, peserta mendapat pengarahan dari Limjamsos Dinas Sosial Kab Sumba Timur, Rambu Nedi, Ketua Pelmas BPG GBI Sumba [Pdt. Nikodemus Dundu Tay]. Sementara itu, BPD GBI sumba diwakili oleh Pdt. Andreas Makaborang. Pelatihan TAGANA RRI Angkatan ke 43 diikuti oleh 65 peserta orang.

Antusias dan semangat dari para peserta relawan TAGANA RRI untuk ikut dalam kemanusiaan terus dirasakan dan mendukung Pemerintah setempat membantu masyarakat dalam menghadapi musibah dan bencana. TAGANA RRI yang ada di semua daerah langsung turut serta bersama Pemerintah – Dinas Sosial Provinsi ikut membantu, menolong masyarakat yang terkena musibah saat ini di Daerah Lombok.

TAGANA RRI telah membuka POSKO dan Dapur Air bersama team TAGANA lainnya dibawah koordinasi Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Propinsi. Pelatihan TAGANA RRI Angkatan ke 44 dan 45 akan dilanjutkan di Daerah Manokwari pada bulan Agustus 2018 dan Kalimantan Barat pada bulan September 2018.[Lasma Sulastri-Departemen Pelmas BPH GBI / Foto : Ilustrasi Pelatihan Tagana].